Tuesday, 09 November 2021

3 Fakta Menarik Sistem Kekebalan Tubuh pada Golden Age Anak

Sistem kekebalan tubuh adalah serangkaian sel, jaringan, dan organ yang sepanjang hidup akan melindungi si Kecil dari berbagai patogen yang menyerang dan membuatnya tetap sehat serta mampu melawan banyak infeksi berulang.   

Kekebalan tubuh sendiri merupakan sistem yang kompleks dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Selama ini yang kita ketahui adalah faktor nutrisi dikombinasikan faktor gaya hidup sehat lain, seperti kecukupan tidur dan banyak bergerak. Namun ada beberapa fakta terkait sistem kekebalan tubuh pada golden age anak yang jarang diketahui. Berikut tiga di antaranya:

 

  • Sistem kekebalan anak terbentuk dalam kandungan

Antibodi diturunkan dari ibu ke bayi melalui plasenta di trimester ketiga kehamilan. Antibodi inilah yang memberi anak perlindungan ketika mereka lahir. Jenis dan jumlah antibodi yang diberikan kepada anak akan bergantung pada tingkat kekebalan ibu. Namun kekebalan pasif yang diturunkan dari ibu ini tidak bertahan lama dan akan mulai menurun dalam beberapa bulan setelah kelahiran.

 

  • Anak memproduksi antibodi saat terpapar kuman

Setiap kali anak terpapar virus atau bakteri, mereka sebenarnya akan mengembangkan antibodi yang akan melindungi mereka di masa depan. Tetapi butuh waktu agar kekebalan ini berkembang sepenuhnya.

 

  • Kurang zat gizi penting bisa mengubah respon imun

Dilansir dari laman Harvard T.H Chan, studi epidemiologis telah membuktikan bahwa orang-orang yang kekurangan gizi memiliki risiko lebih besar untuk terkena infeksi bakteri, virus, dan lainnya. Beberapa zat gizi penting untuk kekebalan tubuh adalah zinc, selenium, zat besi, asam folat, dan vitamin A, B6, C, D, dan E dapat mengubah respons imun. Zat gizi-zat gizi tersebut membantu sistem kekebalan dalam beberapa cara, seperti bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi sel-sel sehat, mendukung pertumbuhan dan aktivitas sel-sel kekebalan, serta memproduksi antibodi. 

 

Si Kecil bisa memperoleh semua zat gizi untuk kekebalan tubuh itu dengan makan makanan bervariasi dan bergizi seimbang. Namun bila pola makannya masih belum baik, susu vidoran Xmart 1+  dapat membantu melengkapi gizi si Kecil. 

 

Susu vidoran Xmart 1 kini dengan formula imunUp  diperkaya berbagai zat gizi yang berguna untuk sistem kekebalan tubuh seperti: 

  • Tinggi Vitamin C, D3, E, dan Zinc

Vitamin C, D3, E, dan Zinc merupakan vitamin dan mineral yang penting untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil agar tidak mudah sakit.

  • Cod Liver Oil

Minyak Hati Ikan Kod yang berasal dari perairan laut dalam, mengandung Omega 3 (DHA & EPA), Vitamin A dan D alami untuk mengoptimalkan perkembangan otak, mata, tulang dan gigi si Kecil, serta menjaga daya tahan tubuh.

  • Omega 6 (Asam Linoleat)

Asam linoleat merupakan asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh, sehingga perlu asupan dari luar, salah satunya dari susu vidoran Xmart 1+. Omega 6 dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

  • Tinggi Protein dan Zat Besi

Protein sebagai makronutrien esensial dan zat besi merupakan komponen haemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh yang penting untuk tumbuh kembang anak.

  • Sumber Serat Pangan (Inulin)

Inulin merupakan serat pangan larut berasal dari akar tanaman chicory, yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan saluran pencernaan si kecil.

Nah, semoga sistem kekebalan tubuh si kecil pada golden age ini berkembang optimal ya, Bun!

 

Sumber:

https://www.pregnancybirthbaby.org.au

https://www.hsph.harvard.edu

Produk Terkait

Susu vidoran Xmart 1+ Rasa Madu

Susu vidoran Xmart 1+ merupakan susu pertumbuhan pertama dengan imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod), Omega 3&6, Inulin, Tinggi Protein, Sumber 12 Vitamin dan 8 Mineral.


Susu vidoran Xmart 1+ Rasa Vanilla

Susu vidoran Xmart 1+ merupakan susu pertumbuhan pertama dengan imunUp yang diperkaya Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod), Omega 3&6, Inulin, Tinggi Protein, Sumber 12 Vitamin dan 8 Mineral.


Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!