Dunia Smart vidoran

Wednesday, 11 February 2015

4 Manfaat susu untuk anak

Segelas susu tidak hanya dapat menuntaskan dahaga. Lebih dari itu, segelas susu memiliki ragam manfaat untuk anak. Berikut manfaat susu untuk tumbuh kembang anak.

1. Sebagai pengantar tidur
Adanya lemak pada susu akan membantu anak tidur lebih baik. Selain itu, kandungan protein bernama tryptophan juga bisa membuat tidur seseorang lebih nyenyak. Ketika tryptophan masuk ke otak, maka otak akan memproduksi serotonin, yaitu bahan kimia otak yang akan mengirimkan sinyal ke otak untuk membangkitkan rasa tenang. Untuk itu, mengonsumsi susu hangat sebelum tidur akan membantu anak tidur lebih lelap.

2. Untuk kecerdasan
Susu mengandung asam amino esensial, yaitu asam lemak esensial penting untuk perkembangan otak. Karbohidrat yang ada di dalamnya menjadi sumber energi yang baik bagi otak. Dengan kata lain, minum susu akan membantu otak bekerja lebih optimal.

3. Memperkuat daya tangkap dandaya ingat
Beberapa susu juga sudah menambahkan nutrisi penting, yaitu cod liver oil, zat besi, B12,dan asam folat. Keempat mikronutrien ini sangat penting untuk daya tangkap dan daya ingat anak. Bahkan , cod liver oil mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk kecerdasan anak.  Pastikan memilih susu yang telah difortifikasi agar kebutuhan akan mikronutrien tersebut dapat terpenuhi.

4. Proses penulangan dan gigi
Dalam masa pertumbuhan, masa emas di usia 0—5 tahun dan dilanjutkan hingga usia 12 tahun, tulang-tulang anak sedang dalam masa pertumbuhan. Sebab itu, anak memerlukan asupan kalsium yang cukup untuk bisa memenuhi kebutuhan tubuh dalam pembentukan tulang dan gigi. Kalsium paling mudah didapat dan paling banyak, terdapat pada susu. Apalagi mineral kalsium dalam susu lebih mudah diserap dibandingkan makanan lainnya.

Sumber: Wawancara dr. Satyawati, SpA dari RS Azra Bogor

 

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!