Dunia Smart vidoran

Saturday, 27 July 2019

5 Ciri Anak Sehat, Bahagia Salah Satunya

Seperti apa ciri anak sehat? Jawaban terpopuler mungkin anak sehat adalah anak yang tidak penyakitan atau memiliki kelemahan. Jawaban ini sepenuhnya benar, dari aspek fisik. Namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan dari tiga aspek, yaitu keadaan kesejahteraan fisik, kesejahteraan mental, dan kesejahteraan sosial. Ini berarti ciri anak sehat bukan semata-mata tidak penyakitan saja, namun anak juga harus bahagia dan punya (banyak) teman.

Kok bahagia dan banyak teman bisa menjadi ciri anak sehat? Nah ini penjelasannya:

Bahagia

Bahagia menjadi salah satu ciri anak sehat karena pikiran dan tubuh saling berhubungan erat. Contoh, saat anak kesal (kondisi tidak bahagia), jantung akan berdebar lebih cepat. Itu karena kesehatan mental dan fisik secara mendasar terkait. Menurut para ilmuwan, saat anak bahagia, tubuhnya akan memproduksi hormon, seperti serotonin, dopamin, atau oksitosin. Hormon-hormon inilah yang dipercaya dapat membantu tubuh menciptakan lebih banyak sel imunitas yang menangkal berbagai penyakit. Pada anak-anak, mendapat pelukan, ciuman dan apresiasi atas apa yang dilakukannya sudah dapat membuatnya bahagia.

Banyak teman

Ciri anak sehat ini dilihat dari aspek sosial. Apa hubungan banyak teman dengan kesehatan? Menurut penelitian, orang dengan keterampilan sosial yang buruk memiliki tingkat stres yang tinggi dan sering kesepian dalam hidupnya. Namun yang dimaksud teman di sini bukanlah teman di media sosial, tetapi teman dalam kehidupan nyata. Menghabiskan waktu dengan teman-teman yang berpikiran positif bisa bikin anak lebih bahagia dan jarang kesepian. Inilah yang membuat anak lebih sehat.

Sehat dan bugar

Seperti yang sudah disinggung sebelum ciri anak sehat secara fisik adalah tidak penyakitan. Untuk menunjang kesehatan fisiknya, anak membutuhkan berbagai makanan bergizi dan olahraga teratur. Makanan sehat memberi anak energi untuk belajar dan bermain. Minum susu, seperti susu vidoran Xmart juga disarankan untuk anak yang sedang dalam pertumbuhan cepat. Salah satu mineral yang amat dibutuhkan anak usia ini adalah kalsium. Kalsium  diperlukan untuk mengembangkan tulang dan gigi yang kuat dan sehat. Susu, seperti susu vidoran Xmart, merupakan sumber kalsium terbaik yang sangat dibutuhkan anak. Susu vidoran Xmart  juga mengandung vitamin dan mineral yang membuat anak tetap aktif, sehat, dan kuat. Tak hanya itu, susu vidoran Xmart juga mengandung cod liver oil yang bermanfaat untuk kecerdasan anak.

Tumbuh Kembang Sesuai

Indikator lain untuk memastikan anak sehat adalah pertumbuhan dan perkembangannya yang sesuai untuk usianya, Tidak harus dibandingkan dengan anak lain, karena setiap anak unik. Namun, ada tonggak-tonggak tumbuh kembang yang menjadi rujukan bersama. Bila dirasa ada yang tidak sesuai, segera konsultasikan ke dokter.

Nafsu Makan Baik

Ciri anak sehat lainnya adalah nafsu makannya baik. Antusias dan lahap dengan menu makanan yang dikonsumsi. Anak tidak memilih-milih makanan tertentu saja, serta mau makan buah dan sayur.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!