Friday, 18 November 2016

6 Cara Membuat Anak Cepat Terlelap

Selain makanan bergizi sesuai usianya, untuk tumbuh optimal anak memerlukan tidur yang cukup dan teratur. Manfaatnya agar anak tidak rewel, memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas, dan tidak mudah diserang penyakit.

Sayangnya, banyak anak yang sulit melakukannya. Penyebabnya macam-macam Bunda, salah satunya karena tidak konsisten menerapkan jam tidur. Nah, agar anak tidak tidur larut malam, ikuti cara ini untuk membuatnya mudah terlelap:

  1. Terapkan jadwal tidur dengan konsisten dan sesuaikan dengan jam tidur anak. Bila dibiasakan, maka tubuh anak akan belajar beradaptasi dan mudah terlelap di jam yang sama setiap hari.
  2. Siapkan anak bila sudah mendekati jam tidurnya. Hindari aktivitas yang membuatnya aktif seperti melompat dan berlari, paling tidak setengah jam dari jam tidurnya. Matikan televisi dan gadget, ajak ia menenangkan diri dengan cara seperti membacakan buku cerita.
  3. Ciptakan suasana tidur yang nyaman. Matikan semua suara yang membuat berisik seperti televisi. Redupkan lampu, atur udara bersuhu sedang agar anak merasa nyaman.
  4. Penuhi kebutuhan anak sebelum tidur. Pastikan anak sudah makan yang cukup. Kalau perlu beri ia minuman yang merilekskan seperti segelas susu yang hangat. Minuman hangat akan meningkatkan suhu tubuh anak menjadi lebih nyaman untuk tidur.
  5. Jika anak terjaga di malam hari, tenangkan ia. Jangan ikuti ajakan anak untuk bermain. Bunda harus memberinya pengertian bahwa ini waktunya semua orang tidur. Bermain bisa dilakukan keesokan harinya.
  6. Berikan sentuhan lembut. Ada kalanya anak mudah mengantuk jika dipijat. Sentuhan dan pijatan terbukti dapat membuat anak merasa nyaman. Mulailah dengan gerakan lembut dari arah kaki, berlanjut ke bagian badan, tangan, lalu kepala. Lakukan sambil bersenandung untuk membuatnya relaks.

Waktu Tidur Ideal Anak

  • Bayi  di bawah 1 tahun: 14-15 jam yang terdiri dari 8 jam tidur malam, dan 6-7 jam tidur siang.
  • Toddler 1-3 tahun: 12-14 jam, terbagi atas 11 jam tidur malam, dan 2-3 jam di siang hari.
  • Usia prasekolah 4-6 tahun: 11-13 jam, yakni 10-11 jam tidur malam, dan 2 jam di siang hari.

Usia sekolah 7-12 tahun: 10-11 jam, terdiri dari 8-9 jam tidur malam, dan 2 jam di siang hari. 

Produk Terkait

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!