Dunia Smart vidoran

Tuesday, 02 January 2018

Awal Kehamilan Jadi Sulit Makan? Ini Solusinya!

Bunda kehilangan selera makan saat hamil muda ini? Meski hal tersebut menimbulkan ketidaknyamanan, namun kondisi yang dikenal dengan morning sicknees ini, sangatlah wajar terjadi di trimesterpertama kehamilan. Menurut americanpregnancy.org,  lebih dari 50% wanita hamil mengalami morning sickness.  Bukan hanya tak nafsu makan saja, setiap ada makanan yang masuk ke perut biasanya juga akan dikeluarkan lagi oleh tubuh.

Mengenai penyebab mual muntah ini diperkirakan lantaran  meningkatnya beberapa hormon saat kehamilan, seperti estrogen dan hCG  (human chorionic gonadotrophin). Ketidakcukupan nutrisi, seperti  kekurangan vitamin B6, juga diyakini dapat memperparah kondisi.

Tekad kuat  untuk memberikan yang terbaik bagi janin, biasanya  dapat membantu Bunda melawan rasa mual yang tengah dialami.  Selain itu, untuk dapat mencukupi nutrisi selama mengalami mual muntah, beberapa tips di bawah ini bisa Bunda coba: 

Jika  Bunda tidak merasa lapar, usahakanlah untuk mengemil. Bisa kue, roti atau buah-buahan. Prinsipnya makan tidak perlu langsung banyak, yang penting sedikit-sedikit (asal masuk) tapi sering. 

  • Untuk sementara, hindarilah makanan-makanan beraroma menyengat yang dapat mengundang mual.
  • Cari makanan yang dapat membangkitkan selera Bunda, masakan Itali, makanan berbumbu pedas, atau makanan berlemak, silakan dicoba. Pada saat ini,  yang terpenting adalah Bunda mau makan.
  • Tak usah ragu untuk mengganti menu,  bila memang tidak membangkitkan selera.
  • Minum seduhan jahe dapat meringankan rasa mual yang tengah Bunda alami.
  • Pastikan Bunda mendapat cukup cairan karena saat mengalami dehidrasi,  Bunda akan semakin merasa mual
  • Susu  vidoran Ibunda dapat dijadikan alternatif untuk membantu memenuhi nutrisi Bunda saat mengalami mual muntah. Kandungan B6 bisa membantu mengurangi mual pada Ibu hamil. Susu vidoran Ibunda merupakan sumber protein dan asam lemak yang diperlukan dalam pembentukan dan pertumbuhan otak janin.  Susu vidoran Ibunda  juga mengandung   kacang hijau dengan kandungan vitamin B kompleks, asam folat, dan protein nabati  yang sangat baik untuk kehamilan.  

Morning sickness biasanya mulai membaik setelah usia kehamilan 16 sampai 20 minggu. Namun bila nafsu makan Bunda di trimester dua belum juga bangkit, konsultasikan pada dokter. Dokter umumnya dapat memberikan masukan-masukan positif berupa dorongan psikologis atau meresepkan suplemen tambahan jika dirasa perlu.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!