Tuesday, 14 September 2021

Cara Mengatasi Alergi Anak agar Tidak Kambuh pada Masa Pandemi

Anak-anak yang menderita alergi memiliki sistem kekebalan yang sensitif sehingga sering membuat khawatir orang tua terutama pada masa pandemi ini. Sistem kekebalan mereka unik karena mengira suatu zat yang biasanya tidak berbahaya sebagai ancaman bagi kesehatan tubuh sehingga melawannya dengan melepaskan histamin. Pelepasan histamin inilah yang menyebabkan tubuh menunjukkan gejala alergi, seperti ruam, sakit perut, mual, muntah, pusing, diare, dan sebagainya.  

 Lalu bagaimana cara mengatasi alergi anak agar tidak kambuh pada masa pandemi ini? Yang terutama tentu menjauhkan anak dari alergen atau pemicu alerginya. Contoh, bila anak alergi susu sapi, maka Bunda perlu mencarikan makanan pengganti yang memiliki nutrisi yang sama baiknya. Yang kedua, dengan cara menguatkan daya tahan tubuh anak sehingga alerginya tidak sering kambuh pada masa pandemi ini. Bagaimana caranya? Berikut tipsnya:

 

Pastikan kecukupan tidur anak

Studi pada orang dewasa menunjukkan kurang tidur dapat membuat tubuh lebih rentan sakit karena berkurangnya sel-sel pembunuh kuman dalam sistem kekebalan. Hal ini berlaku juga untuk anak-anak. Setiap anak membutuhkan kecukupan tidur yang berbeda bergantung usia. Bayi memerlukan hingga 16 jam waktu tidur setiap hari, balita sekitar 11 hingga 14 jam, dan anak-anak prasekolah membutuhkan 10 hingga 13 jam. 

Baca Juga: Pandemi Masih Terjadi, Kuatkan Imunitas dengan Vitamin Anak untuk Daya Tahan Tubuh

 

Terapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tidak secara langsung meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi ini adalah cara untuk mengurangi beban pada sistem kekebalan tubuh si Kecil. Untuk itu, bantu anak untuk selalu menerapkan PHBS dengan baik, seperti rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, sesudah makan, dan setelah bermain, dan sebagainya.

 

Perhatikan nutrisi anak

Pola makan yang sehat merupakan garis pertahanan pertama tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan. Berikan si Kecil makanan gizi seimbang yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral untuk meningkatkan kekebalan. Buatlah kebiasaan si kecil untuk memakan sayur dan buah karena itu dapat meningkatkan sifat antioksidan tubuh.

 

Lengkapi gizi anak dengan vidoran Xmart Soya 1+

Terutama untuk anak-anak yang menderita alergi susu sapi, berikan vidoran Xmart Soya 1+ dua kali sehari untuk melengkapi gizi si Kecil.  vidoran Xmart Soya 1+ terbuat dari Isolat Protein Soya dari kedelai pilihan terbaik Amerika dan bebas laktosa sehingga nyaman untuk pencernaan si Kecil yang tidak cocok minum susu sapi. Selain itu masih banyak keunggulan vidoran Xmart Soya 1+, seperti:

  • vidoran Xmart Soya 1+ mengandung formula imunUp yang diperkaya dengan Cod Liver Oil, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, dan Zink merupakan vitamin dan mineral penting untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil
  • vidoran Xmart Soya 1+ mengandung Omega 3 & 6 untuk perkembangan otak si Kecil, serta merupakan asam lemak essensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil.

 

Semoga tips cara mengatasi alergi anak ini membantu, ya Bun!

 

Sumber:

https://www.parents.com

https://kidshealth.org

Produk Terkait

vidoran Xmart Soya 1+ Rasa Madu

vidoran Xmart Soya 1+ dengan Isolat Protein Soya dan Bebas Laktosa untuk penuhi nutrisi si kecil yang tidak cocok susu sapi.


Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!