Dunia Smart vidoran

Thursday, 23 May 2019

Cara Mengenali Bayi Lapar

kalau orang dewasa lapar mudah untuk mengetahuinya ya bun, ia tinggal bilang bahwa perutnya keroncongan dan ingin makan. bayi tentu berbeda. ia punya isyarat-isyarat sendiri untuk memberi tahu bahwa ia lapar karena komunikasi dengan kata-katanya masih terbatas. mungkin bunda saat ini belum memerhatikan isyarat lapar tersebut. nah, berikut cara mengenali bayi lapar:

gerakan mulut

biasanya kalau rasa lapar masih dalam tahap awal bayi akan menunjukkan beberapa gerakan di mulut, bibir, atau lidah. contoh,  gerakan mengisap dengan bibir, membuka dan menutup mulut, menjulurkan lidah, atau mengerutkan bibir. ini cara mengenali bayi lapar yang pertama.

gerakan tubuh

cara mengenali bayi lapar juga bisa dari gerakan tubuhnya. ketika bayi tampak menggerakkan kepalanya dari sisi ke sisi seolah mencari sesuatu, misalnya.  untuk memastikannya, bunda bisa menyentuh pipi bayi. jika ia berbalik dan mulutnya menunjukkan mencari sesuatu untuk diisap, itu tanda bayi  lapar.

tangan ke mulut

cara mengenali bayi lapar yang ketiga adalah bayi memasukkan tangannya di mulut dan mengisap-isapnya. bayi juga mengisap hal-hal lain, seperti mainan atau pakaian.

membuka mulut saat menyusui.

kalau si kecil membuka mulut lebar saat menyusu, ini menandakan ia masih ingin menyusu lebih banyak. mungkin kalau ia bisa bicara si kecil akan bilang “aku masih mau menyusu lagi..!” bayi yang lapar dapat terus menunjukkan minat mengisap bahkan setelah menempel pada payudara. nah, itu cara mengenali bayi lapar lainnya.

menangis

kalau sampai pada tahap menangis, bayi biasanya sudah pada tahap sangat lapar. menangis akan menghabiskan banyak energi sehingga bayi yang menangis dapat menjadi lelah. mungkin sulit bagi bunda untuk membuat bayi tenang dan mau menyusu karena bayi sudah frustrasi saking kelaparannya. untuk itulah bunda perlu belajar cara mengenali bayi lapar sehingga dapat mengetahui isyarat-isyarat lapar awal yang ditunjukkan oleh bayi sebelum bayi menangis.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!