Tuesday, 17 February 2015

Cara Tepat Konsumsi Buah

Apakah Ibu selalu menyediakan hidangan berupa buahuntuk pencuci mulut si kecil? Ternyata kebiasaan itu kurang tepat. Demikian dikatakan Edwin Lau, Healthy Chef dan Direktur Kingdom Community. Idealnya buah dinikmati sekitar 30 menit sebelum makan, setelah itu baru kita menyantap makanan utama.  Bila memang ingin makan buah setelah makan, kita perlu memberi waktu dulu sekitar dua jam demi menunggu perut kosong. Mengapa? Makan buah harus dilakukan tersendiri agar khasiat dan zat gizinya terserap dengan baik.

Makan buah yang "dicampur" dengan berbagai jenis makanan akan membuat lipase (enzim pencernaan yang memecah lemak) dan protease (enzim pencernaan yang memecah protein) akan saling berebutan mengambil nutrisi.  Rebutan ini mengakibatkan antioksidan tak akan terserap sempurna sehingga khasiat buah dan makanan yang dikonsumsi itu jadi tidak optimal. Oleh karena itulah mulai saat ini tinggalkan kebiasaan makan buah sesaat setelah makan atau saat bersamaan dengan makan utama.

Konsumsi buah segar dan hindari buah kalengan (buah yang telah menjalani pemrosesan). Buah-buah buatan pabrik ini umumnya mengandung gula dalam jumlah tinggi juga ditambah bahan pengawet dan pewarna.

Saran lain, konsumsilah buah-buahan lokal atau yang ditanam sendiri. Untuk tiba di Indonesia, buah impor tentu memerlukan sistem pengepakan tertentu dan perjalanan yang panjang. Biasanya, transportasi yang lama dan pengepakan membutuhkan pengawet yang menyebabkan hilangnya sebagian nutrisi bermanfaat dari buah-buahan tersebut.

Sudahkah si kecil makan  buah hari ini?

 

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!