Monday, 10 October 2016

Jangan Jajan Sembarangan Ya, Nak!

Saat si Kecil sering jajan sembarangan, Bunda tentu merasa khawatir tentang apa saja yang masuk ke dalam tubuhnya. Mungkin saja Bunda telah memberi aturan agar ia tidak sering-sering jajan, namun ternyata si Kecil tak tahan godaan sehingga ikut jajan bersama teman-temannya.

Agar Bunda tak terus khawatir tentang si Kecil yang jajan sembarangan, coba lakukan tips berikut:

  • Beri pengertian tentang makanan sehat.
    Punya pengetahuan tentang makanan yang sehat dapat mendorong anak untuk lebih memilih makanan yang sehat dan tidak jajan. Bunda bisa memberi pengertian kepadanya dengan cara yang menyenangkan, misalnya lewat buku cerita bergambar atau menonton film kartun.
     
  • Sediakan selalu makanan sehat.
    Anak-anak akan makan apa yang tersedia. Jadi, sediakan buah dan camilan sehat dalam mangkuk di meja agar langsung terlihat oleh si Kecil. Sediakan camilan sehat ini setiap hari dengan variasi berbeda agar anak tidak bosan dan memilih untuk jajan sembarangan.
     
  • Buat sendiri jajanan sehat.
    Jika mendadak si Kecil rewel dan ingin jajan, Bunda bisa menyiasatinya dengan membuat sendiri jajanan yang ia inginkan. Hasilnya tentu saja lebih sehat! Ajak anak membuatnya bersama agar ia ikut belajar proses pembuatan makanan.
     
  • Beri pujian.
    Berikan senyum bangga dan pujian ketika si Kecil memilih makanan sehat tanpa perlu diingatkan. Namun sebaiknya Bunda tak perlu menghukum atau memarahi saat ia memilih jajan. Cukup ingatkan dengan tegas dan batasi jumlahnya.

Sebetulnya, membuat anak terbiasa untuk tidak jajan sembarangan adalah mudah, asalkan Bunda konsisten dan tegas melakukannya.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!