Dunia Smart vidoran

Friday, 19 August 2016

Jika Anak Terserang Flu

Saat pergantian musim, tubuh si Kecil rentan terkena penyakit.  Salah satu yang umum adalah influenza atau flu. Penyebab timbulnya flu adalah adanya virus influenza yang masuk ke dalam tubuh. Virus ini dapat dengan mudah berkembang di udara yang lembap dan dingin.

Sifat virus influenza yang mudah bermutasi menyebabkan virus ini banyak sekali variannya. Secara umum, influenza dikategorikan ke dalam tiga jenis, yakni A, B dan C. Namun, yang paling umum menyerang manusia adalah jenis A, seperti H1N1 (flu Spanyol dan flu babi) serta H5N1 (flu burung).

Biasanya, Bunda, tubuh si Kecil akan terlihat lemah dan lesu. Gejala umum yang dialami pasien flu adalah pilek, batuk dan demam. Jika terkena flu berat, ia juga bisa mengalami muntah, diare dan pegal-pegal. Dan karena penyebabnya virus, maka pemberian antibiotik tidak akan berpengaruh pada melemahnya virus tersebut.

Jadi, yang bisa Bunda lakukan hanyalah membantu menjaga kekuatan tubuh si kecil, dengan cara memberi asupan makanan dan minuman yang bergizi dan mengandung banyak vitamin. Selain itu, lakukan juga beberapa hal ini:

1. Bersihkan semua benda-benda yang ia sentuh setiap hari. Virus flu dapat menyebar baik lewat udara maupun ingus.

2. Usahakan si Kecil mau mengonsumsi vitamin dan makanan lain yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini karena sistem kekebalan tubuhnya sedang bekerja ekstra keras memerangi virus tersebut.

3. Sebisa mungkin ke Kecil aktif melakukan gerakan, entah itu bermain atau jalan-jalan. Namun, jangan terlalu lama, karena bila kecapekan sistem kekebalan tubuhnya akan melemah.

4. Bila demamnya cukup tinggi, boleh diberi obat penurun panas, namun konsultasikan terlebih dulu dengan dokter anak.

5. Jika gejalanya makin parah dan si Kecil makin melemah, segera periksa ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!