Dunia Smart vidoran

Tuesday, 03 January 2017

Nutrisi Sehat untuk Ibu Hamil dan Janin

Sebagai calon ibu, Anda ingin sang buah hati nanti lahir sehat secara optimal. Untuk itu, Anda harus memperhatikan asupan nutrisi seimbang untuk dipenuhi selama hamil agar perkembangan janin berjalan dengan baik. Berikut ini beberapa nutrisi terpenting dalam kehamilan serta bagi kesehatan janin.

Asam Folat. Asam folat (vitamin B9) berfungsi untuk mencegah terjadinya cacat tulang belakang pada janin. Asam folat dalam jumlah banyak untuk pembentukan sel dan sistem saraf janin. Kekurangan asupan asam folat pada ibu hamil dapat mengakibatkan perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan kelainan atau cacat pada waktu lahir. Konsumsilah buah-buahan, beras merah, serta sayuran hijau secara rutin untuk mendapatkan asam folat.

Protein. Selain menjadi sumber bagi kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel merupakan salah satu fungsi protein. Protein bermanfaat untuk membantu dalam optimalkan perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Protein bisa didapatkan dari dua sumber, yaitu hewani (daging sapi, ayam, ikan, telur) dan nabati (kacang-kacangan, tempe, dan tahu).

Kalsium. Peran kalsium sangat penting dalam pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Adanya kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Susu, produk olahan susu, kacang-kacangan dan sayuran hijau merupakan sumber kalsium terbaik.

Vitamin A. Selain sangat bermanfaat bagi pemeliharaan fungsi mata, pertumbuhan tulang dan kesehatan kulit, vitamin A juga berfungsi sebagai imunitas dan pertumbuhan janin. Bersama betakaroten, vitamin A akan membantu dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Sumber vitamin A terbaik bisa diperoleh pada telur, bayam, brokoli, hati ayam, wortel, labu, ubi dan kentang.

Zat Besi. Berfungsi di dalam pembentukan darah terutama membentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi resiko ibu hamil terkena anemia. Zat besi akan banyak diperlukan pada saat kehamilan memasuki usia 20 minggu sebesar 30 mg per harinya. Zat besi bisa diperoleh pada hati, daging atau ikan.

Vitamin C. Saat hamil, vitamin C dibutuhkan untuk menyerap zat besi pada tubuh. Selain itu, vitamin C sangat baik bagi kesehatan gusi dan gigi janin. Fungsi lainnya adalah melindungi jaringan dari organ tubuh dari berbagai macam kerusakan serta memiliki manfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh. Dapatkan sumber vitamin C terbaik dengan mengonsumsi jeruk, kiwi, stroberi, paprika, kentang, tomat, dan brokoli.

Vitamin D. Adanya vitamin D dapat menyerap kalsium, sehingga sangat bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Vitamin D dapat membantu dalam memaksimalkan pertumbuhan tulang dan gigi janin melalui fosfor yang ada di dalamnya. Selain diperoleh secara alami dari sinar matahari, vitamin D dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung susu, kuning telur, atau hati ikan.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!