Tuesday, 12 July 2016

Serat Sehatkan Fungsi Pencernaan Anak

Serat adalah nutrisi yang bisa kita temukan di semua tanaman. Buah, sayur dan berbagai macam biji-bijian merupakan makanan yang umum diketahui sebagai makanan yang kaya serat. Sayangnya, banyak makanan berserat yang rasanya tidak disukai anak.

Makanan berserat berfungsi untuk mengisi lambung, mencegah makan berlebihan yang malah akan memberatkan fungsi sistem pencernaan. Dibantu dengan asupan cairan yang cukup, serat akan membantu memindahkan makanan melalui sistem pencernaan dan dapat membantu meringankan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu mengontrol berat badan, sehingga menjaga dari kondisi kegemukan atau obesitas.

Berapa banyak jumlah serat harian yang dibutuhkan oleh anak?

  • Anak usia 1-3 tahun: 19 gram serat per hari
  • Anak usia 4-8 tahun: 25 gram serat per hari.
  • Anak perempuan usia 9-13 tahun: 26 gram serat per hari.
  • Anak laki-laki usia 9-13 tahun: 31 gram serat per hari.

Contoh makanan berserat yang disukai anak : popcorn (tentu saja jangan terlalu banyak menambahkan garam, mentega atau gula di dalamnya), buah-buahan, cereal dari gandum utuh atau yogurt.

Untuk kesehatan pencernaan bagi si Kecil, kurangi ketergantungan anak pada makanan olahan seperti gula putih, tepung putih, dan roti putih dan pasta. Perbanyak menu makanan berserat tinggi untuk kesehatan pencernaan mereka.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!