Dunia Smart vidoran

Wednesday, 03 January 2018

Solusi Untuk Anak Yang Tidak Suka Makan Buah

Jika Bunda berpikir si kecil tidak cukup makan buah, mungkin Bunda benar. Meski di Indonesia belum ada data yang pasti, namun bila merujuk data dari Centers for Disease Control, Amerika, sebanyak 60% persen anak kurang makan buah dari jumlah harian yang direkomendasikan.

Buah secara alami rendah kalori, tinggi serat, dan sarat dengan vitamin dan mineral penting untuk tumbuh kembang anak. Sebuah penelitian tahun 2010 menemukan bahwa anak-anak yang tidak menyukai buah dan sayuran 13 kali lebih mungkin mengalami konstipasi.

Bagaimana  bisa membuat anak lebih banyak makan buah? Berikut tujuh taktik yang disarankan oleh situs www.pbs.org untuk membimbing anak mau menikmati buah-buahan:

  • Makan Bersama

 Jika Bunda menikmati buah di depan si kecil, ia cenderung terdorong mau mencicipinya. Jadi, cobalah makan buah apel, melon, anggur, dsb,  saat bersamanya. Keingintahuan anak akan mendorong ia untuk mencoba rasa buah yang tengah dinikmati Bunda itu.

  • Terus Mencoba

Banyak anak menolak makanan baru karena  takut, bukan karena tidak menyukai rasanya. Jadi, pantang menyerah ya, Bun.  Mungkin Bunda perlu menyajikan buah baru sebanyak 10 kali atau lebih sebelum anak benar-benar mau memakannya.

  • Buah Potong

Anak-anak cenderung menginginkan irisan buah daripada buah utuh. Dalam sebuah studi yang dilakukan di 14 sekolah dasar dan sekolah menengah, kafetaria yang menjual apel iris mendapat lonjakan penjualan sebesar 71% dibandingkan dengan sekolah yang menjual apel utuh. Strategi ini berlaku juga di rumah. Sajikan buah potong ketimbang buah utuh.

  •  Gunakan Stiker

Cara ini  sederhana, namun sangat efektif. Jika Bunda menempelkan karakter kartun populer ke sepotong buah, si kecil kemungkinan akan lebih bersemangat untuk memakannya. Itulah yang dilakukan peneliti dari Cornell University.  Saat mereka menawarkan buah apel pada 208 anak berusia 8—11 tahun. Saat apel itu memiliki stiker Elmo, kemungkinan anak  untuk mengambilnya hampir dua kali lipat lebih.

  •  Biarkan Mereka Memilih Buahnya

Meskipun tidak semenarik memetik buah dari pohon, anak-anak  masih bisa berpartisipasi dalam memilih buah saat berbelanja di pasar atau supermarket.  Partisipasi ini biasanya akan membuat anak lebih bersemangat untuk memakannya.

  • Beri Anak Kesempatan Mencicipi Buah

Tawarkan buah dalam berbagai bentuk dan tekstur; dari buah utuh, buah potong, es buah, hingga jus buah. Berikan anak kesempatan untuk merasakan semua itu.

  • Ajak Anak Berkreasi dengan Buah

Ada cara mudah untuk membuat buah sedikit lebih menggairahkan. Misal, memblender buah dengan yoghurt, membuat smoothie buah, dan lainnya.  

  • Berikan vidoran Gummy Frugie

vidoran Gummy Frugie pasti disukai anak-anak. Bentuknya yang menarik, Shaun The Sheep, dengan varian rasa stroberi, jeruk stroberi, dan apel, menjadi solusi untuk anak-anak yang tidak suka buah. vidoran Gummy Frugie terbuat dari ekstrak buah dan sayur untuk kebutuhan harian anak.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!