Dunia Smart vidoran

Wednesday, 26 December 2018

Usia Kehamilan Tentukan Selera Makan

Selera makan ibu hamil sungguh unik. Selama trimester pertama, sebagian besar ibu hamil mengalami penurunan nafsu makan. Selera makan kembali datang di trimester dua, lalu biasanya menurun kembali secara signifikan di trimester ketiga, yaitu ketika janin telah cukup besar memenuhi rahim.

Turun naik selera makan selama kehamilan adalah sesuatu yang sangat normal. Namun memang dibutuhkan strategi agar asupan Bunda selama kehamilan tetap terjaga demi mendukung tumbuh kembang janin dan tentu untuk kesehatan Bunda.

Strategi pertama adalah saat Bunda begitu berselera makan. Mohon tidak dilupakan, selera makan yang meningkat bisa membuat berat badan melonjak drastis dan bisa mendatangkan masalah tersendiri dalam kehamilan.

Jadi harus bagaimana? Laman www.babycenter.com memberi saran agar Bunda makan camilan sehat setiap tiga jam sekali saat selara makan Bunda tengah meningkat. Camilan akan membantu Bunda menghindari makan berlebihan pada saat jam makan tiba. Camilan juga akan menjaga gula darah dalam keadaan seimbang. Buah-buahan, seperti apel, jeruk, buah beri, pir, bisa dicoba. Buah-buahan ini kaya serat serta tinggi kadar air sehingga akan membantu Ibu hamil merasa kenyang.

Minum susu kehamilan, seperti susu vidoran Ibunda juga dapat membantu. Segelas susu dapat memberikan nutrisi yang diperlukan Bunda selama kehamilan dan yang penting dapat membantu memberikan rasa kenyang sehingga mengurangi keinginan Ibu untuk ngemil.

Tips Saat Selera Makan menurun

 

Nah, untuk tips saat nafsu makan yang menurun, Bunda dapat mencoba beberapa strategi ini:

  • Makan Sedikit tapi Sering
    Alih-alih makan besar 3  kali sehari, lebih baik membagi makanan itu menjadi 6 porsi kecil-kecil dengan jadwal makan setiap 2 atau 3 jam sekali. Makan dengan porsi kecil namun lebih sering akan membantu mencegah mual muntah yang biasanya dihadapi Ibu hamil di trimester pertama.
  • Hindari makanan berbau menyengat
    Terutama di trimester pertama, hindari makan dengan bau kuat atau berbumbu yang bisa dengan mudah membuat Bunda mual dan tak mau makan.
  • Pilih suhu makanan dengan tepat
    Makanan hangat bagi beberapa ibu dapat meningkatkan nafsu makan. Sesuaikan hidangan dengan preferensi Bunda.
  • Hidrasi
    Tetap terhidrasi penting selama kehamilan. Kecukupan cairan ibu hamil sekitar 10—12 gelas dalam sehari. Asupan cairan bisa berasal dari air mineral, susu, atau dari sumber lain, seperti buah dan sayuran.
  •  Hadapi kehamilan dengan rileks
    Banyak kasus kehilangan selera makan di trimester 3 berkaitan dengan stres. Lakukan apa pun untuk bersantai, seperti tidur siang, yoga, atau aktivitas lain yang dapat mengalihkan pikiran Bunda dari kecemasan.
  • Minum susu
    saat selera makan menurun, kecukupan nutrisi Bunda sehari-hari dapat dibantu dengan minum susu kehamilan, seperti vidoran Ibunda. Susu vidoran Ibunda merupakan susu ibu hamil pertama yang diperkaya Cod Liver Oil atau Minyak Hati Ikan Cod. Cod Liver Oil mengandung Omega 3 (DHA & EPA) serta tinggi akan vitamin A & D alami yang dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan saraf otak janin, retina mata janin, pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh janin serta menjaga asupan nutrisi dan daya tahan tubuh Ibu selama masa kehamilan.

 

Referensi:

www.healthline.com

https://www.babycenter.com

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!