Thursday, 23 November 2017

Wah... Si Kecil Mulai Tanggal Gigi

Rentang usia 6—13  tahun, anak akan mengalami pergantian gigi. Gigi susu anak satu per satu akan  tanggal, digantikan oleh gigi tetap. Namun, kapan tepatnya pergantian gigi susu/sulung ke gigi tetap, terjadinya tidak sama pada setiap anak.

Gigi sulung pada anak berjumlah 20 buah (rahang atas dan rahang bawah), terdiri atas: 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, dan 8 buah gigi geraham. Periode gigi sulung dari usia 0—30 bulan berlangsung singkat sebelum akhirnya tanggal dan digantikan oleh gigi tetap atau gigi permanen di usia 6—13 tahun.

Tumbuhnya gigi tetap menggantikan gigi sulung ditandai dengan goyangnya gigi sulung akibat dari akar gigi sulung yang  terkikis (resorpsi)

akibat terdorong oleh gigi tetap. Itulah mengapa, gigi sulung yang sehat dan dirawat dengan baik, ditambah dengan asupan gizi yang cukup,

merupakan penuntun bagi gigi tetap untuk tumbuh pada tempat yang seharusnya. Pada kasus seperti ini biasanya gigi sulung akan tanggal dengan sendirinya karena akar gigi akan terkikis  secara fisiologis oleh pertumbuhan gigi tetap.

Banyak orangtua tidak menyadari pentingnya menjaga dan memelihara kesehatan gigi sulung pada anaknya dengan beranggapan bahwa kelak gigi sulung akan terganti dan hanya gigi tetap saja yang memerlukan perawatan. Hal tersebut tidak benar, sebab gigi sulung yang sehat dan terawat dapat memengaruhi pertumbuhan gigi tetapnya kelak. Gigi sulung yang tidak terawat dapat menimbulkan penyakit gigi berlubang (dental caries) dan menyebabkan anak menjadi sakit gigi hingga dapat terjadi pembengkakan, yang akhirnya membuat gigi tersebut harus dilakukan pencabutan sebelum waktunya.  

Produk Terkait

Susu vidoran Ibunda Rasa Coklat

Susu Ibu Hamil Pertama yang mengandung NUTRIPLEX yang diperkaya Cod Liver Oil (Minyak Hati Ikan Cod) Asam Folat, Tinggi Kalsium, Omega 3&6, Sumber 12 vitamin dan 8 mineral.


Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!