Thursday, 31 March 2016

Waspadai Gejala Muntaber

Bunda, saat cuaca sedang tidak bersahabat, banyak penyakit bisa datang. Salah satunya adalah muntaber. Penyakit yang ditandai dengan seringnya buang air besar disertai muntah dapat menyerang siapa saja, mulai dari orang dewasa sampai anak-anak. Meski tergolong penyakit ringan tapi bila tidak ditangani dengan benar, muntaber dapat menjadi penyakit yang serius.

Penyebab umumnya adalah virus, kuman atau bakteri. Kuman yang masuk ke saluran cerna melalui makanan yang telah tercemar akan menyebabkan peradangan. Maka muncul gejala-gejala seperti:

1. Sakit perut, kembung dan mual
2. Muntah-muntah
3. Demam tinggi
4. Tidak nafsu makan
5. Lemas
6. Dehidrasi

Bila anak mengalami muntah disertai buang air besar lebih dari empat kali dalam sehari, Bunda perlu waspada. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi, bahkan dalam kondisi berat, anak-anak bisa mengalami halusinasi. Langkah penanganan awal adalah dengan memberi anak banyak minum, juga oralit, lalu segera bawa anak ke dokter.

Jangan lupa, untuk membiasakan anak selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan menghindari jajan sembarangan. Ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah muntaber:

1. Menjaga kebersihan rumah, terutama kamar mandi dan dapur
2. Menjaga kebersihan peralatan makan, terutama peralatan makan bayi dan balita
3. Selalu gunakan air bersih untuk semua kebutuhan rumah tangga
4. Selalu mencuci sayur, buah-buahan dan bahan makanan sebelum dimasak
5. Mengonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang cukup
6. Pisahkan peralatan makan anggota keluarga yang menderita muntaber agar tidak menulari yang lain

Pada intinya, sanitasi dan kebersihan makanan adalah dua hal penting yang perlu diperhatikan untuk terhindar dari muntaber. Yuk Bunda, kita pastikan si Kecil terjaga dari penyakit muntaber.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!