Dunia Smart vidoran

Wednesday, 24 July 2019

4 Hal Yang Harus Dipahami Akan Pentingnya Asam Folat Untuk Ibu Hamil

Begitu diketahui positif hamil, bahkan saat berencana hamil, dokter/bidan akan menyarankan Bunda untuk mengonsumsi asam folat. Asam folat adalah  bentuk vitamin B-9 yang dapat larut dalam air. Laman  kesehatan www.webmd.com menggambarkan asam folat sebagai pahlawan super kehamilan.

Berapa dosis asam folat untuk ibu hamil? Dalam laman tersebut dijelaskan dengan mengonsumsi asam folat 400 mikrogram (mcg) sebelum dan selama kehamilan, Ibu hamil akan mendapat begitu banyak manfaatnya. Berikut 4  hal yang harus dipahami akan pentingnya asam folat untuk ibu hamil:

  • Mencegah cacat tabung saraf

Ini salah satu alasan pentingnya asam folat untuk ibu hamil. Tanpa asam folat yang cukup dalam tubuh ibu hamil, risiko masalah kesehatan yang disebut cacat tabung saraf akan meningkat, termasuk kelainan spina bifida dan anencephaly. Spina bifida adalah kelainan yang disebabkan pembentukan saraf tulang belakang yang tidak lengkap. Sementara anencephaly merupakan kelainan tulang tengkorak yang tidak terbentuk sempurna. Keduanya merupakan masalah kesehatan yang serius. Kabar baiknya, konsumsi asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf setidaknya 50%.

  • Menghasilkan sel darah merah

Pentingnya asam folat untuk ibu hamil  juga terkait dengan salah satu keluhan umum yang dialami ibu hamil, yakni anemia atau kekurangan zat besi. Asam folat dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan memastikan sel darah merah dalam tubuh  ibu hamil normal.

  •  Mencegah beberapa komplikasi kehamilan

Pentingnya asam folat dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan juga untuk melindungi bayi dari kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan keguguran. Asam folat juga dapat mencegah terjadinya bibir sumbing pada bayi.

  • Melindungi ibu hamil dari preeklampsia

Pentingnya asam folat untuk ibu hamil juga dikaitkan dengan pencegahan preeklampsia. Sebuah laporan penelitian menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen asam folat selama trimester kedua memiliki risiko preeklampsia yang berkurang.

Asam folat ditemukan secara alami dalam sayuran berwarna hijau gelap, seperti bayam, brokoli, sawi hijau, dan selada. Pada buah-buahan ada pada alpukat, jeruk, tomat, pepaya, atau pisang.

Asam folat juga ditemukan pada susu ibu hamil, yaitu susu vidoran Ibunda. Susu vidoran Ibunda mengandung asam folat, Cod Liver Oil (minyak hati ikan cod) yang kaya akan Omega 3 (DHA & EPA), serta vitamin A&D yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pembelahan sel serta memelihara tumbuh kembang janin.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!