Monday, 04 January 2021

4 Penyebab GTM Balita dan Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisinya

Anak balita biasanya sering melakukan GTM alias gerakan tutup mulut. Mereka makan dalam jumlah yang sedikit, sangat pilih-pilih makanan atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Perilaku GTM inilah yang sering membuat Bunda khawatir dan bertanya-tanya bagaimana cara memenuhi  kebutuhan nutrisi anak balita seperti ini.

Sebelum membahas pada solusi, Bunda perlu mengetahui penyebab umum anak balita melakukan GTM. Berikut 4 penyebab GTM pada balita:

  • Perut balita lebih kecil
    Porsi makan anak balita tidak bisa disamakan dengan porsi orang dewasa. Perutnya yang lebih kecil membuat makannya lebih sedikit.
  • Balita senang bereksplorasi.
    Ini yang membuat si Kecil seakan tidak tertarik untuk makan karena ia memilih untuk bermain.
  • Balita pada masa negativistik
    Keinginan anak untuk lebih mandiri membuat mereka suka menentang orang tua, termasuk saat makan.
  • Aktivitas yang beragam
    Terkadang anak berlarian, terkadang hanya menonton di kamarnya seharian. Aktivitas yang tidak konstan ini menyebabkan nafsu makan anak jadi terkesan naik turun: bisa lahap makan suatu waktu, melakukan GTM di hari lainnya. Dengan memahami penyebab-penyebab ini, semoga Bunda lebih tenang dan bisa melihat perilaku GTM balita dari cara yang lebih positif.  Cobalah untuk membangun pola makan yang sehat dengan trik seperti di bawah ini:
  • Berikan porsi makan lebih sedikit
    Jika anak tidak mau makan banyak, ingatlah bahwa perutnya memang kecil.Bunda bisa mencoba mengurangi porsinya sehingga anak tidak merasa terbebani harus menghabiskan porsi yang besar.
  • Tak perlu memaksa
    Hindari memaksa anak menghabiskan semua yang ada di piring, karena bisa membuat waktu makan identik dengan stres. Sebaliknya, pujilah anak saat ia mau mencoba makanannya, walaupun hanya sedikit.
  • Beri camilan sehat
    Di antara jadwal makannya yang teratur, tawarkan anak camilan sehat, seperti buah atau sayur. Selama Bunda menawarkan makanan sehat, cobalah untuk tidak khawatir jika anak terkadang tidak makan terlalu banyak.
  • Wajar terkadang tidak nafsu makan
    Usahakan untuk tidak melihat nafsu makan si Kecil hanya pada satu hari, tapi cobalah dalam seminggu. Jadi, terkadang wajar bila anak hanya makan lebih sedikit hari ini karena mungkin mereka lebih lapar besok.
  • Lengkapi gizi anak dengan susu vidoran Xmart
    Bunda dapat memberikan susu vidoran Xmart 3+ sambil terus mengenalkan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang pada anak setiap hari. Susu vidoran Xmart 3+merupakan susu untuk anak 3 tahun ke atas yang menggunakan susu berkualitas dari peternakan sapi New Zealand. Susu vidoran Xmart 3+ dengan NUTRIPLEX yang diperkaya Cod Liver Oil (Minyak Hati Ikan Cod), Inulin, Sumber Protein, Sumber 12 vitamin dan 6 mineral untuk penuhi nutrisi si Kecil di masa pertumbuhannya. Cod Liver Oil berbeda dengan minyak ikan biasa. Cod Liver Oil kaya akan Omega 3 (DHA & EPA), tinggi vitamin A dan D yang baik untuk perkembangan otak, mata dan tulang si Kecil. Dukung ide hebat dan daya tahan si Kecil dengan susu vidoran Xmart 3+.

Sumber:
Raising Children

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!