Dunia Smart vidoran

Wednesday, 01 April 2020

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia 7 tahun

Anak usia 7 tahun umumnya sudah masuk SD dan sudah bisa belajar melihat sesuatu dari perspektif orang lain. Kini anak lebih dapat mengomunikasikan pendapatnya serta berpikir logis dalam memecahkan suatu masalah sederhana dalam kehidupannya sehari-hari.

Sebagian besar anak 7 tahun punya rasa ingin tahu besar yang mendorong mereka sering bertanya  tentang segala sesuatu.  Kemampuan seperti berhitung  serta membaca biasanya membuat mereka bangga dan ingin “memamerkannya” pada orang lain.

Yang perlu disadari, kecerdasan anak 7 tahun tidaklah meningkat secara otomatis, namun dipengaruhi faktor stimulasi dan nutrisi.  Di bawah ini ada cara meningkatkan kecerdasan anak usia 7 tahun yang mudah untuk diterapkan:

  1. Praktikan berhitung /membaca di kehidupan sehari-hari

Anak usia 7 tahun biasanya sudah bisa sedikit membaca dan menguasai penjumlahan dan pengurangan sederhana. Selalu praktikkan keterampilan berhitung/membaca itu ke dalam kehidupan sehari-hari. Misal dengan menciptakan belajar sambil bermain yang menyenangkan di dapur, di perjalanan, saat di mal, dan sebagainya. Beberapa permainan berhitungatau membaca online juga bisa menjadi cara asyik mengasah kecerdasan anak.

  1. Biasakan bertanya pada anak

Berdasarkan penelitian, anak-anak cerdas tumbuh berkat pola asuh yang sedikit berbeda. Mereka lebih sering ditanya daripada hanya diberi tahu.  Jadi daripada mengatakan “Kamu jangan tidur malam!” lebih baik ajukan pertanyaan, seperti “Menurut kamu apa akibat kalau kamu terus tidur malam?” Anak cerdas juga akan sering bertanya. Mungkin Bunda bisa lelah menjawabnya. Tetapi ini adalah cara meningkatkan kecerdasannya.

  1. Perhatikan nutrisi

Makanan tertentu dapat membantu meningkatkan fungsi otak, memori, dan konsentrasi. Tubuh anak 7 tahun yang sedang tumbuh membutuhkan banyak jenis nutrisi. Ikan dengan kandungan omega 3&6 seperti ikan kod  menjadi salah satu sumber nutrisi yang sangat baik penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

  1. Minum susu

Salah satu susu yang dibutuhkan untuk kecerdasan otak anak adalah susu vidoran Xmart 5+.Susu vidoran Xmart 5+merupakan susu pertama di Indonesia untuk anak usia 5 tahun ke atas yang diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod).  Susu vidoran Xmart 5+ dilengkapi dengan NUTRIPLEX yang terdiri dari Cod Liver Oil, tinggi kalsium, omega 3&6, tinggi zat besi dan zink, serta 12 vitamin dan 8 mineral untuk dukung daya tahan dan tumbuh kembang anak.

  1. Perlakukan sebagai manusia

Mungkin terdengar agak aneh, namun ahli selalu mengingatkan orang tua bahwa anak adalah manusia, bukan hanya otak. Karena itu penting bagi kita menyisakan ruang untuk mengembangkan minat anak di bidang non-intelektual, apakah itu olahraga, seni, dan sebagainya.  Satu atau dua jam bermain video game dan nonton teve juga bisa membantunya lebih relaks. Cara ini tak hanya akan menjadikan anak cerdas, namun juga lebih bahagia.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!