Dunia Smart vidoran

Saturday, 28 September 2019

5 Makanan Padat Yang Aman untuk Bayi

MPASI adalah makanan pendamping ASI yang bisa mulai diberikan pada anak setelah usia 6 bulan. Tujuannya, secara bertahap bayi disiapkan untuk mengonsumsi makanan keluarga. Biasanya makanan padat yang aman untuk bayi dimulai dari makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan bayi. Seperti apakah itu?  Berikut  contohnya:

  1. Biskuit/bubur bayi yang diperkaya zat besi

Biskuit/bubur bayi merupakan makanan padat yang aman untuk bayi. Mengapa harus yang diperkaya zat besi? Karena kandungan zat besi pada ASI sudah tidak dapat mengejar kebutuhan bayi usia 6 bulan ke atas. Sebagai tahap perkenalan, campurkan satu buah biskuit bayi/satu sendok makan bubur bayi dengan ASI atau susu formula. Biarkan bayi mencicipi sesendok kecil. Tak perlu dipaksa, bila bayi menolak coba lagi esok hari.

  1. Pure Wortel

Secara bertahap bayi perlu mengenal sayuran. Wortel biasanya menjadi salah satu sayuran favorit. Wortel secara alami memiliki rasa manis. Wortel tinggi vitamin A yang dibutuhkan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Wortel juga merupakan sumber vitamin K untuk pembekuan darah dan vitamin B6 yang diperlukan untuk kesehatan kulit, rambut, dan mata.

  1. Alpukat

Alpukat memiliki nilai gizi tinggi yang terkandung dalam kulitnya yang berwarna hijau gelap. Alpukat kaya akan protein, serat, niasin, tiamin, riboflavin, asam folat, dan seng. Kepadatan nutrisi ini dianggap banyak ahli tidak ditemukan di buah lain.

  1. Pisang

Pisang penuh dengan karbohidrat untuk energi serta serat yang baik untuk saluran pencernaan. Bayi yang baru mengenal makanan padat bisa diberikan pisang yang dihaluskan. Sementara bayi yang lebih besar (usia 9 bulan ke atas) bisa makan pisang yang dipotong kecil-kecil sebagai finger food.

  1. Ubi Jalar

Rasanya yang lezat dan nilai gizi yang luar biasa membuat ubi jalar merupakan makanan padat yang aman untuk bayi. Ubi jalar mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin C, E, K, dan vitamin B1 hingga B6 dan B9. Bayi membutuhkan pasokan vitamin ini untuk perkembangan berbagai organ yang sehat dan dalam mencapai tonggak perkembangannya tepat waktu.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!