Dunia Smart vidoran

Tuesday, 04 December 2018

5 Menu MPASI dengan Campuran Susu Anak

Saat bayi berusia enam bulan, ASI saja sudah tidak cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya. Si kecil membutuhkan makanan tambahan yang dikenal dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). MPASI  harus memiliki kandungan energi dan berbagai nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan bayi sesuai usianya.  

Cita rasa MPASI juga perlu diperhatikan. Di bawah usia 1 tahun, anak sebaiknya tidak diberikan gula dan garam. Untuk mengatur kekentalannya, MPASI dapat dicampur dengan ASI Perah (ASIP).

Berikut beberapa contoh menu MPASI dengan campuran ASIP atau susu anak:

  1. Serealia

Sereal beras yang dicampur dengan ASIP atau susu anak adalah MPASI pertama yang umum. MPASI ini biasanya dapat ditoleransi dengan baik dengan potensi alergi yang rendah. Bunda dapat mencampurkan satu sendok makan sereal beras dengan 60 ml ASIP.

  1. Bubur pisang susu

Untuk membuat bubur pisang susu, caranya sangat mudah.

Siapkan satu buah pisang ukuran sedang dan 150-200 ml ASIP. Lumatkan pisang sedikit demi sedikit dengan ASIP. Kekentalan bubur bisa ditingkatkan sesuai usia si kecil.

  1. Pure ubi/kentang

Cuci ubi/kentang yang sudah dikupas. Kukus dahulu hingga lunak lalu potong kecil-kecil.  Haluskan menggunakan sendok/garpu dan campurkan 200 ml ASIP, sajikan hangat.

  1. Bubur Beras Merah

Larutkan dua sendok tepung beras merah siap pakai dalam air (100 ml air), rebus di atas api kecil sambil diaduk.  Masukan ASIP  dalam larutan tepung yang sudah agak dingin, aduk. Sajikan hangat.

  1. Pure Alpukat

Jenis alpukat mentega lebih disarankan. Pilih yang sudah matang, cirinya berwarna hijau kecokelatan dan terasa lunak saat ditekan. Cara membuatnya, cukup gunakan 1/2 buah alpukat mentega ukuran kecil. Haluskan dengan menggunakan saringan kawat. Tambahkan ASIP secukupnya.

Ternyata tidak begitu sulit bukan? Menu-menu di atas cocok untuk bayi yang baru mulai belajar makan, pada 1-2 minggu pertama atau bayi yang mulai belajar makan pada usia lebih awal (di bawah 6 bulan) untuk menghindari anak ‘kaget’ dengan aneka rasa di luar air susu ibu. Namun jangan terlalu lama menggunakan menu ini, segera ganti menu MPASI bayi Anda menjadi menu 4 bintang yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayur, untuk memenuhi kecukupan gizi anak. Selamat mencoba.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!