Dunia Smart vidoran

Saturday, 21 December 2019

Anak kurus? Ketahui Kebutuhan Nutrisi pada Anak

Apakah Si Kecil tampak kurus? Coba pastikan dengan mengeceknya di kartu KMS. Sesuaikan berat badan anak dengan tinggi dan usia.  Kurus tidak sama dengan langsing/ramping. Beberapa anak memiliki tubuh langsing alami. Namun, kekurangan berat badan (kurus) mungkin merupakan tanda bahwa ada masalah pada pola makan anak, kesehatan fisik atau emosionalnya.

            Jika Bunda khawatir, berkonsultasilah dengan dokter anak. Jika Si Kecil tidak memiliki masalah medis, strategi selanjutnya adalah mendorong penambahan berat badan dengan cara yang sehat. Berikut cara memenuhi kebutuhan strategi anak kurus:

  • Hindari memberikan kalori kosong

Kalori kosong dari makanan tinggi lemak dan gula mungkin menambah beberapa kilogram berat badan anak kurus, tetapi makanan-makanan tersebut tidak akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan anak untuk membangun tulang yang kuat dan tubuh yang sehat.

  • Pilih makanan kaya protein

Mulailah memenuhi kebutuhan nutrisi anak kurus dengan memilih makanan/minuman kaya protein, seperti susu, telur, kacang, dsb. Bunda juga bisa menambahkan kacang-kacangan pada sayuran yang disajikan untuk anak atau menyelipkan telur ke dalam burger/rotinya.

  • Berikan makanan dengan lemak sehat

Susu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat adalah sumber lemak sehat yang bisa membantu anak kurus menambah berat badannya. Dalam hal ini, susu vidoran Xmart bisa menjadi pilihan. Karena, susu vidoran Xmart merupakan susu pertumbuhan pertama yang diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod) dan dilengkapi dengan Nutrisi Kompleks yang diperlukan sesuai kebutuhan usia anak, seperti Inulin dan Asam Linoleat dan berbagai nutrisi penting lainnya. Manfaat Cod Liver Oil yang terkandung dalam susu vidoran Xmart dapat membantu pekembangan otak, menjaga daya tahan tubuh, membantu tumbuh kembang anak, dan menambah nafsu makan.

  • Hindari cara pemaksaan

Meningkatkan kalori harian anak kurus tidak semudah kelihatannya. Bunda harus bisa menambah berat badan anak tanpa dia merasa dicekoki paksa. Cara pemaksaan hanya akan menciptakan kecemasan yang malah membuat anak kurus jadi lebih sulit makan. Jadi, gunakan strategi yang halus. Contoh dari pada menambah porsi makan anak, berikan “pengaya" berkalori tinggi, seperti menuangkan sirup maple di atas pancake atau membuat saus untuk pudingnya. Cara ini dapat dengan mudah menambah 50 hingga 100 kalori tanpa ada yang menyadarinya.

  • Hindari memberi cemilan sembarang waktu

Cemilan yang tidak kenal waktu dikhawatirkan membuat anak justru tidak lapar saat jadwal makan utamanya tiba. Untuk itu patuhi jadwal makan utama anak 3 kali sehari dan 2-3 kali makan cemilan.

 

Referensi:
https://www.eatright.org
https://www.nhs.uk
https://www.verywellfamily.com

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!