Dunia Smart vidoran

Tuesday, 22 December 2015

Bolehkah Bayi Minum Air Putih

Air merupakan salah satu komponen penting bagi tubuh. Setiap sel dalam tubuh tergantung pada air untuk bisa berfungsi dengan baik. Karena itu, banyak orangtua yang berharap anak mereka bisa mulai memiliki kebiasaan sehat minum air putih sedini mungkin.

Pertanyaannya, apakah bayi sudah boleh minum air putih? Jika boleh, kapan waktu paling tepat untuk memberikan si kecil air putih?

Para ahli menyarankan untuk tidak memberikan bayi air putih hingga mereka berusia enam bulan. Bayi biasanya sudah cukup mendapatkan cairan dari ASI bahkan ketika cuaca sedang panas sekalipun.

Memberikan terlalu banyak air putih pada bayi usia di bawah enam bulan dapat mengganggu kemampuan tubuh mereka dalam menyerap nutrisi yang ada dalam ASI. Plus, pemberian air hanya akan membuat perut kecil bayi kenyang yang akan menghilangkan keinginan mereka untuk menyusu.

Studi dari Dr. Jennifer Anders di John Hopkins Children's Center, Amerika Serikat, menemukan bahwa pemberian air putih pada bayi di bawah enam bulan berisiko mengakibatkan keracunan (intoksikasi).

Sebab ginjal bayi belum berfungsi dengan baik. Pemberian tambahan air putih akan membuat tubuhnya melepaskan sodium (mineral yang dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh). Padahal, jika tubuh kehilangan sodium maka aktivitas otak akan terpengaruh. Ujung-ujungnya, bayi akan mengalami gejala keracunan, seperti suhu tubuh rendah, wajah membengkak, dan bahkan kejang-kejang.

Bayi yang mendapatkan ASI eksklusif tidak membutuhkan air tambahan, sebab 88 persen ASI adalah air. Sehingga, pemberian ASI sudah mampu memberikan seluruh asupan cairan yang dibutuhkan sang bayi.

Academy of Breastfeeding Medicine mengatakan, pemberian suplementasi pada bayi akan mengganggu frekuensi normal menyusui mereka. Jika suplemen yang diberikan adalah air atau air glukosa maka akan meningkatkan risiko peningkatan bilirubin, penurunan berat badan, semakin lama keluar dari rumah sakit, hingga keracunan air.

Memberikan sedikit sesapan kecil putih sebenarnya tidak akan membahayakan bayi, tapi jika anak Anda belum berusia enam bulan maka sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum memberikannya.

FOTO: AIRPUTIH.JPG – COLOURBOX.COM

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!