Tuesday, 19 September 2017

Cara Jitu Atasi Anak Yang Maunya Makan Itu-Itu Saja

Bunda tentu khawatir gizi si kecil tidak akan tercukupi, saat si kecil maunya makan yang itu-itu saja. Lalu, harus bagaimana? 

Duh, anakku, kok, senangnya makan nasi dengan nuget dan sosis saja, bagaimana, ya?” Apakah ini keluhan Bunda akan perilaku makan buah hati? Kabar baiknya, Bunda tidak sendirian, karena masalah makan menjadi masalah klasik bagi para bunda yang memiliki anak balita.

 Jika Bunda  khawatir dengan gizi si kecil, bicarakan dengan dokter  anak atau ahli nutrisi  yang bisa menentukan apakah buah hati memiliki masalah gizi atau tidak. Sebab, orang awam akan sulit menilai kondsi tersebut.

SAJIKAN MAKANAN YANG BERAGAM

 Hal lain yang dapat Bunda lakukan adalah mencoba menerapkan gaya hidup sehat dalam keluarga. Seperti, menyajikan makanan yang beragam dan bergizi seimbang. Berikut beberapa cara untuk membujuknya:

1. Ciptakan suasana menyenangkan ketika makan. Ini artinya tidak ada pemaksaan dan bentakan pada buah hati meski ia menolak makan sekalipun. Jangan lupa, saat ini kita tengah membangun kebiasaan baru yang tidak bisa terbentuk secara instan, namun perlu waktu, kesabaran, dan ketelatenan.

2. Alihkan perhatiannya dari keinginan untuk mengonsumsi lauk nugget atau sosis. Sodorkan ia  olahan ayam yang lain, semisal ayam suwir kecap. Untuk awal berikan anak satu nuget dan sedikit suwir ayam. Pada tahap selanjutnya, dapat ditingkatkan jumlah suwir ayam, sedangkan jumlah nugetnya dikurangi jadi setengah potong, umpama.

3. Sugesti anak dengan kalimat-kalimat positif, “Yuk, mulai dicoba suwir ayam kecapnya. Rasanya sama lezatnya dengan nuget. Ada manis-manisnya.”

 4. Secara bertahap, anak diperkenalkan pula dengan variasi lauk yang lain, seperti: ikan bakar kecap, opor ayam, udang goreng tepung, sup ayam, dan lain-lain.

 SUSU DAPAT MEMBANTU PENUHI GIZI

 Anak yang maunya makan yang itu-itu saja, juga disarankan untuk minum segelas susu setiap hari. Susu merupakan minuman bergizi dan mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Susu Vidoran Xmart, misalnya, mengandung 12 vitamin, 8 mineral, inulin, EPA, DHA, dan lainnya. Namun yang terpenting Susu vidoran Xmart mengandung Minyak Hati Ikan Kod. Minyak hati ikan Kod bermanfaat untuk mendukung pembentukan retina mata dan pertumbuhan anak, membantu mengoptimalkan kecerdasannya, serta tentu meningkatkan daya tahan tubuh buah hati.

Jangan lupa ya Bun, susu di sini adalah pelengkap gizi buah hati. Jadi, selain susu, anak harus tetap mengonsumsi menu dalam komposisi seimbang yang terdiri atas sumber karbohidrat, sumber serat, vitamin, mineral, sumber protein, sumber lemak baik, dan air putih.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!