Monday, 03 August 2015

Ciptakan Anak Tangguh

Anak tidak hanya tangguh secara fisik, tapi juga mental dan emosional. Kecukupan nutrisi berperan dalam menjadikan anak tangguh. Pintar saja tidak cukup. Anak harus tanggguh sehingga bisa mengatasi berbagai masalah, menghadapi tantangan, dan menyingkirkan hambatan. Anak pun tampil menjadi pemenang. Mencetak anak tangguh tidaklah mudah dan perlu ditempa sejak dini. Berikut cara mencetak anak tangguh:  

  1. Awasi Kesehatannya
    Rutin membawa si kecil ke dokter untuk diimunisasi dan kontrol sehat. Pantau terus perkembangannya, baik tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan lainnya. Anak yang tangguh adalah yang tumbuh kembangnya optimal sesuai dengan usia perkembangannya.
  2. Berikan Nutrisi
    Tepat Makanan itu harus bergizi seimbang yang dapat mensuplai kebutuhan energi, protein, vitamin dan mineral. Dengan demikian, kecukupan gizi harus tersedia dan terpenuhi dalam menu sehari-hari. Selain karbohidrat, protein, lemak, pastikan juga tubuh cukup air, dan serat. Jika si kecil sulit makan, jangan buru-buru memberinya vitamin tapi cari dulu penyebabnya. Mungkin ia terlalu banyak ngemil hingga saat tiba waktu makan utama sudah keburu kenyang, atau suasana makannya yang tak menunjang, giginya mulai tumbuh, dan sebagainya.
  3. Berikan Rasa
    Aman dan Nyaman Berikan rasa aman dan nyaman, sehingga anak merasa dicintai dan disayangi. Ciptakan komunikasi efektif agar ia dapat mengekspresikan apa yang dirasakan dan diinginkannya. Semua emosi positif dan negatif dapat dicurahkan. Jangan lupa untuk bersikap konsisten, utamanya saat menerapkan disiplin di rumah sehingga anak tidak bingung. Ciptakan juga iklim keluarga yang kondusif, sehingga satu sama lain saling menghargai, menghormati, dan menyayangi.
  4. Jangan Lupakan
    Vitamin Selain karbohidrat, protein, lemak, pastikan juga tubuh cukup vitamin dan mineral. Ingat meski kebutuhannya kecil, tapi manfaatnya bagi tubuh sangat besar. Vitamin ini tak kalah penting dibandingkan aneka zat gizi lain. Vitamin A, misal, dapat membantu daya tahan tubuh penglihatan mata, mempertahankan kesehatan kulit/rambut, dan mencegah infeksi. Belum lagi vitamin lainnya yang bermanfaat bagi tubuh.
  5. Minum Susu
    Susu memiliki kandungan zat-zat gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak. Bahkan, ada susu yang dilengkapi berbagai asam amino esensial seperti DHA untuk meningkatkan kecerdasan atau laktoferin untuk memperbaiki kerja bakteri usus. Belakangan malah muncul susu yang mengandung prebiotik atau bahkan minyak ikan, yang baik untuk kesehatan anak.
  6. Cukup Tidur
    Tidur bermanfaat agar otak bisa mengingat apa yang sudah dipelajari, bisa berkonsentrasi dan menyimak dengan baik, serta menyelesaikan masalah dan melontarkan ide-ide. Tidur juga baik agar otot, tulang, dan kulitnya bisa tumbuh. Juga meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Foto: Nakita

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!