Friday, 19 August 2016

Coba Menu Ini Yuk, Nak!

Si Kecil masih susah makan? Ia selalu memilih menu yang itu-itu saja saat diajak makan? Jangan putus asa dulu Bunda, sebenarnya banyak kok, cara untuk membuatnya mau makan apa saja.

Salah satunya dengan mengenalkan warna-warna makanan yang menarik. Balita selalu tertarik dengan warna-warna cerah, karena mereka lebih mudah mengenali sesuatu dari warnanya. Dari warna, kita bisa mengajarkan anak mengenai pentingnya mengonsumsi makanan yang mengandung gizi.

  • Warna merah diartikan mengandung vitamin A. Vitamin ini baik untuk menjaga kesehatan mata dan menjaga imunitas tubuh. Makanan yang berwarna merah ini di antaranya wortel dan tomat.
  • Warna oranye identik dengan vitamin C, yang banyak dikandung jeruk dan pepaya. Selain berguna untuk menyusun jaringan kulit, vitamin C juga merupakan senyawa antioksidan yang sangat berguna untuk menurunkan laju mutasi dalam tubuh.
  • Ungu merupakan salah satu warna yang juga mudah memikat anak-anak. Ubi jalar berwarna ungu yang sering disebut dengan sweet potato mengandung banyak vitamin A, B dan C, serta kalsium dan kalium.

Lalu, bagaimana cara agar si Kecil tertarik untuk makan makanan yang beragam? Berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

1. Coba cari tahu apa tokoh superhero kesukaannya, dan hubungkan kegunaan vitamin dengan kemampuan superhero tersebut. Contohnya agar bisa memiliki daya pandang yang jauh seperti Superman, maka harus rajin makan makanan berwarna merah.

2. Jangan takut untuk mengenalkan jenis makanan baru. Meski ia menolaknya, bukan berarti ia akan terus bersikap seperti itu. Bunda sendiri juga belum tentu mau makan jenis makanan baru yang belum pernah tahu rasa dan manfaatnya, kan? Kuncinya adalah pantang menyerah.

3. Coba undang temannya yang jago makan. Terkadang anak penasaran jika melihat temannya makan sesuatu yang baru. Atau bisa juga bunda sendiri yang memberi contoh.

4. Biarkan ia icip-icip. Belum tentu ia bisa langsung suka dengan menu makanan baru. Namun jika hal itu dilakukan secara rutin, maka ia akan terbiasa memakannya.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!