Dunia Smart vidoran

Thursday, 23 July 2020

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Anak Balita Salah Satu Kunci Bahagia

Memenuhi kebutuhan nutrisi anak balita yang terkadang sulit makan tidak harus membuat Bunda frustrasi. Yang perlu Bunda pahami, masa pertumbuhan balita yang melambat (dibandingkan masa bayi) membuat terjadinya penurunan nafsu makan. Inilah yang membuat anak menjadi lebih sulit makan. Untuk itu, saat mencukupi kebutuhan nutrisi anak balita Bunda, cobalah untuk mempertimbangkan strategi yang membuat Bunda dan si Kecil tidak berantem.

Ketika Bunda marah-marah, si Kecil justru ingin menunjukkan kekuasaannya dengan menolak makan.   Saran-saran ini semoga dapat membantu Bunda memenuhi kecukupan nutrisi si Kecil:

Bersikap fleksibel
Balita memang sering menolak untuk mencoba hal-hal baru. Jika anak menolak makanan baru, jangan jadikan ini masalah besar. Coba lagi dalam beberapa hari atau beberapa minggu kemudian.

Bersikap realistis
Terutama tentang jumlah makanan. Ukuran porsi harus sekitar seperempat ukuran porsi dewasa. Jadikan juga makanan anak mudah untuk dimakan, misalnya potong makanan menjadi kecil-kecil atau buat makanan menjadi lebih lunak dan lembut.

Jadilah contoh
Bahkan jika si Kecil bilang enggak suka sayur, kalau Bunda terus menikmatinya, anak mungkin akan mau mencoba. Mungkin butuh berbulan-bulan. Mungkin butuh bertahun-tahun. Tetapi teruslah berusaha ya, Bunda.

Catat kemajuan si Kecil dalam soal makanan
Misalnya, pada hari Sabtu tanggal sekian-sekian, anak mau makan sayur bayam dan buah pepaya. Catatan ini sekaligus dapat membantu memantau kebutuhan nutrisi anak dan bisa menjadi bahan diskusi dengan dokter kalau memang diperlukan.

Libatkan anak dalam persiapan makanan sehat
Biarkan mereka memilih menu baru yang ingin dicoba dan ajak mereka dalam proses persiapannya di dapur. Mungkin prosesnya jadi agak lama, tapi manfaat yang Bunda dapat akan lebih besar dari sedikit kerugian itu.

Bantu cukupi kebutuhan nutrisinya dengan multivitamin
Bila Bunda begitu khawatir dengan pola makan si Kecil, vidoran gummy Multivitamin dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak balita Bunda yang sulit makan. Tak perlu khawatir si Kecil akan menolak, karena vidoran gummy Multivitamin yang berbentuk gummy kenyal dengan karakter Doraemon membuat anak-anak dapat menikmati kebaikan multivitamin dengan cara yang menyenangkan. Jangan khawatir juga anak akan bosan, karena multivitamin untuk anak ini tersedia dalam berbagai rasa favorit anak-anak: Peach, Jeruk, Apel, Melon, Stoberi dan Anggur

Mencukupi kebutuhan nutrisi anak balita memang bisa begitu menantang, tapi jangan pernah menyerah ya Bunda, lakukan terus dengan sabar.

 

Sumber:
Mayoclinic
Stanford Children

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!