Dunia Smart vidoran

Tuesday, 06 March 2018

Ini Camilan Sehat Yang Disarankan Untuk Anak

Camilan kerap dijadikan kambing hitam ketika  si kecil menjadi malas makan saat jadwal makan utamanya tiba. Padahal camilan  memainkan peran penting dalam membantu anak mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan. Makanan ringan di antara waktu makan ini bermanfaat untuk  menjaga kecukupan  energi agar si kecil bisa tetap aktif sepanjang hari.

Namun tentu camilan perlu diberikan di waktu yang tepat, yakni antara waktu makan pagi dan makan siang (jam 10.00), atau di sore hari antara waktu makan siang dan makan malam (jam 16.00).  Mengenai frekuensi dan jadwal pemberian camilan disesuaikan dengan usia. Misal, untuk bayi yang mulai mendapatkan MPASI,  camilan  dapat diberikan 1-2x sehari.  Sedangkan untuk batita dan usia prasekolah,  camilan dapat diberikan 2-3x sehari. Selain itu, camilan harus dalam porsi kecil dan tidak boleh mengenyangkan. Memberikan camilan dalam porsi besar, seperti kasus yang dibahas di atas tadi,  membuat anak merasa kenyang dan saat waktu makan tiba.

Bagaimana kriteria camilan yang sehat?  Sama halnya dengan  sarapan, makan siang, dan makan malam, camilan  harus memiliki nutrisi yang seimbang. Ini berarti  camilan  yang sehat harus bisa memenuhi   kebutuhan karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin dan mineral yang dibutuhkan buah hati.  

Beberapa  contoh camilan yang praktis dan sehat adalah  wortel  atau brokoli rebus,  buah pisang,  irisan apel, yoghurt  dan smoothie. Anak-anak  usia prasekolah umumnya sudah dapat menikmati camilan sehat yang lebih beragam, seperti  sandwich keju mini, pastel isi telur, kroket daging  sayuran, salad buah, dsb.  

Alternatif camilan sehat lainnya adalah susu, karena susu merupakan salah satu asupan bernutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak. Apalagi jika susu tersebut juga dilengkapi zat gizi yang baik untuk tumbuh kembang otak,  semisal minyak hati ikan Cod, seperti yang terdapat pada susu vidoran Xmart UHT.  Minyak hati ikan Cod  berbeda dari minyak ikan lainnya, karena tinggi kandungan EPA dan DHA-nya. EPA  berfungsi sebagai penghantar impuls saraf serta DHA  berperan sebagai pembentuk struktur saraf dan retina mata. Susu vidoran Xmart UHT juga mengandung vitamin A dan D alami sehingga memiliki trifungsi, yakni untuk perkembangan otak, daya tahan tubuh, dan pertumbuhan.

Variasikan camilan si kecil setiap hari sehingga kebutuhan gizinya selalu terpenuhi.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!