Monday, 02 October 2017

Kenali Makanan Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Usus

Bunda, tentu sudah pernah mendengar tentang  prebiotik.  Prebiotik adalah makanan yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri baik di dalam pencernaan. Apa beda prebiotik dengan probiotik?  Probiotik adalah mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara natural ada di dalam sistem pencernaan (disebut juga flora normal). Dengan demikian, probiotik atau bakteri baik ini sudah diperoleh sejak kita dilahirkan.

Nah, dengan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung probiotik dan prebiotik dapat mendorong pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan sehingga bermanfaat untuk kesehatan usus. Dengan makin banyak bakteri baik di usus besar, berarti daya tahan tubuh si kecil pun jadi lebih baik. Sebab, bakteri ini akan menghasilkan asam laktat hingga menambah tingkat keasaman dalam usus. Nah, tingkat keasaman yang tinggi ini akan membuat bakteri jahat yang menyebabkan diare, kolera, disentri, dan penyakit perut lainnya, tak tahan dan banyak yang mati.

 

Bahan makanan sumber prebiotik, antara lain: pisang, bawang merah, bawang putih, daun bawang, asparagus, kedelai, kacang polong-polongan, serta bawang prei. Sedangkan bahan makanan sumber probiotik, antara lain: produk susu fermentasi (seperti yoghurt), kefir, kimchi, tempe, dan susu kedelai.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!