Tuesday, 10 May 2016

Manfaat Ikan untuk perkembangan buah hati

Berbahagialah Bunda jika si Kecil suka makan ikan. Selain rasanya gurih dan enak, ikan juga kaya nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin,  dan kalsium. Bahkan beberapa jenis ikan tertentu mengandung DHA dan asam lemak Omega 3 yang membantu otak tumbuh dan berkembang baik.

Asam lemak omega 3 berperan penting dalam menjaga fungsi otak, sedangkan DHA dibutuhkan untuk perkembangan sensori, kognitif, dan sistem saraf motorik selama masa pertumbuhan otak. Apa saja, sih, ikan yang memiliki DHA dan Omega 3 tinggi?

Ikan Kod
Karena hidup di perairan laut dalam, ikan ini banyak dimanfaatkan minyaknya karena kaya asam lemak omega 3  yang baik untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak dan saraf, membantu memperkuat daya ingat, mempertajam retina mata untuk fungsi penglihatan yang lebih baik, juga membantu menyeimbangkan kecukupan gizi tubuh.

Salmon
Kandungan asam lemak Omega-3, DHA, dan EPA dalam ikan salmon sangat tinggi. Daging salmon biasanya dimasak dengan cara dipanggang atau direbus. Untuk si Kecil,  Bunda bisa membuatkan sup Salmon atau bola-bola kentang Salmon.

Tuna
Tuna tidak hanya kaya akan asam lemak Omega-3, tetapi juga mengandung protein tinggi yang membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Fillet Tuna gampang diolah menjadi beragam masakan mulai dari digoreng garing hingga dibumbu rempah-rempah dan berkuah.

Sarden
Sarden merupakan jenis ikan berminyak  sumber alami asam lemak Omega-3 yang banyak dipasarkan dalam kemasan kaleng. Tulang Sarden lunak an bisa dimakan karena  kaya mineral fosfor, kalsium, natrium, besi, dan selenium. Sajikan sarden bersama sayuran seperti wortel dan brokoli agar lebih sehat.

Kembung
Ikan kembung mudah ditemukan di pasar ataupun supermarket. Meskipun harganya murah, namun Kembung memiliki cita rasa gurih dan lezat, serta tak kalah bergizinya. Bunda bisa mengolahnya dengan cara dibakar atau digoreng. Untuk si Kecil sajikan sup ikan Kembung yang segar!

Patin
Selain tinggi kandungan asam lemak esensial Omega 3, DHA dan EPA, ikan Patin juga rendah kolesterol. Sangat lezat dimasak sup, dipepes, atau bumbu kuning.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!