Monday, 03 August 2015

Manfaat Vitamin B Kompleks Untuk Kesehatan Anak

Vitaminnya satu, temannya banyak. Itulah vitamin B yang berkelompok dan dinamakan dengan vitamin B kompleks. Vitamin B terdiri atas  Vitamin B1 (thiamine), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Vitamin B5 (pantothenic acid/asam pantotenat), Vitamin B6 (pyridoxamine), Vitamin B9 (folic acid/asam folat), vitamin B12 (cyanocob), vitamin B7 (biotin) biotin, Kolin dan inositol. Hampir semua proses tubuh memerlukan asupan vitamin B. Setiap vitamin memiliki manfaat masing-masing, serta masing-masing saling bersinergi untuk memberikan manfaat kepada tubuh.
Ingin tahu manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan anak, berikut penjelasannya:

  1. Memproduksi Energi
    Vitamin B1 sangat bermanfaat membantu mengubah sumber karbohidrat seperti nasi, mi, bihun, dan lainnya menjadi gula. Nah, pada tingkat sel vitamin B mengubah gula itu menjadi sumber energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari. Kekurangan Vitamin B  ini dapat menyebabkan penurunan produksi energi, yang menyebabkan anak lesu dan mudah kelelahan.
  2. Menjaga Fungsi Saraf
    Vitamin ini juga penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Vitamin B5 diperlukan agar kelenjar adrenal bekerja dengan baik untuk memproduksi beberapa hormon dan zat pengatur saraf. Vitamin B1, vitamin B6 dan vitamin B12 sangat penting untuk mengatur seluruh saraf agar bekerja dengan benar. Termasuk fungsi saraf pada sistem otak kita. Vitamin B6, yang juga dikenal dengan pyroxidine, yang membantu tubuh dalam membuat hormon-hormon tertentu, serta senyawa kimia khusus dalam otak yang disebut dengan neurotransmitter. Vitamin ini juga membantu memproduksi sel darah merah, yang akan membantu mencegah anemia.
  3. Sehatkan Pencernaan
    Ingin pencernaan sehat? Cobalah konsumsi vitamin B kompleks. Sebab, vitamin ini dapat membantu produksi HCl (asam klorida ) untuk membantu pemecahan lemak, protein dan karbohidrat. Beberapa vitamin B kompleks yang berperan dalam pencernaan antara lain Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3 dan Vitamin B6. Bila tubuh kekurangan salah satu vitamin tersebut, maka pencernaan bisa terganggu. Sebab, nutrisi penting itu tidak dapat diolah oleh tubuh.
  4. Kesehatan Rambut dan Kuku Anak
    Vitamin B penting untuk rambut dan kuku anak yang sehat. Ingat, kulit, rambut dan kuku yang terus tumbuh dan memperbarui diri ini  membutuhkan vitamin B.  Untuk manfaat ini, sebagian besar vitamin B kompleks diperlukan, yaitu Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B9, Vitamin B12, B7 dan Kolin. Berbagai gangguan kulit dan kuku bisa dialami bila kekurangan salah satu vitamin B tersebut seperti kulit anak menjadi kering, mudah terkena ruam, mudah berjerawat, dan kuku mudah pecah.

Penuhi kebutuhan Vitamin B si kecil dari sumber berikut.

  • Biji-bijian yang masih mengandung kulit ari, kecambah, gandum, sayur-sayuran, kacang-kacangan kering, ercis, dan lain-lain.
  • Hati sapi, daging sapi, ayam, salmon liar, telur, jamur, almond, bayam, brokoli dan asparagus.
  • Dll

Foto: Nakita

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!