Monday, 01 September 2014

Memilih Susu Formula

Banyaknya produk susu formula yang ada di pasaran kerap membuat orangtua bingung. Bagaimana memilih produk susu formula yang sehat dan alami untuk anak?

Berikut pertimbangannya:

1.Sesuaikan usia.
Susu anak satu tahun berbeda dengan susu untuk anak 5 tahun. Ini dikaitkan dengan kebutuhan gizi anak yang berbeda satu sama lain.

2.Alergi.
Pastikan anak tidak memiliki riwayat alergi. Jika ia bisa menerima semua merek susu sapi, bisa dipastikan dia tidak memiliki riwayat alergi. Lain halnya jika timbul reaksi penolakan seperti biduran atau mencret, sangat mungkin dia memiliki bakat alergi. Pencernaannya sangat peka terhadap lemak dalam susu sapi. Untuk mengecek apakah anak memiliki alergi atau tidak, coba berikan susu secara bertahap / sedikit demi sedikit.

3.Memenuhi standar kecukupan gizi.
Lihat komposisi susu sebelum membeli. Pastikan susu itu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan anak (AKG), sesuai dengan usia mereka. Karena kebutuhan nutrisi anak tidak sama dengan orang dewasa.

4.Pilih berbahan alami.
Pilih susu yang ditambahkan bahan alami seperti minyak ikan Cod Liver Oil. Cod Liver Oil sendiri bermanfaat untuk menambah nafsu makan, kecerdasan, dan membantu mempertajam fungsi penglihatan.

5.Konsultasikan dulu.
Tidak ada salahnya juga jika orangtua berkonsultasi dengan dokter atau tenaga kesehatan (Bidan) tentang merek susu yang akan dipilih. Mereka bisa memberikan rekomendasi produk susu yang aman dan tepat buat anak.
 

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!