Friday, 18 November 2016

Menakar Porsi Makan Ideal Si Kecil

Mungkin Bunda sering heran, mengapa si Kecil tidak pernah menghabiskan porsi makanan yang telah disediakan. Atau justru sebaliknya, ia selalu minta porsi tambahan.

Menyediakan porsi dengan takaran yang tepat erat hubungannya dengan nutrisi yang didapat. Bila terlalu sedikit, maka si Kecil akan kekurangan nutrisi. Efeknya, ia mudah merasa lelah dan gampang kena penyakit. Namun, makan berlebih juga tidak baik, karena bisa menyebabkan obesitas.

Porsi yang Pas untuk Si Kecil
Tidak ada hitungan pasti yang bisa diikuti untuk porsi makan anak. Ini dikarenakan jumlah nutrisi yang dibutuhkan masing-masing anak berbeda. Yang bisa Bunda lakukan adalah membuat satu patokan, dan nantinya disesuaikan kembali dengan perkembangan anak.

Berikut beberapa tip yang bisa dilakukan untuk mengetahui porsi makan ideal si Kecil:

  • Menurut beberapa penelitian, ukuran telapak tangan bisa dijadikan panduan untuk porsi makan. Kebutuhan protein disesuaikan dengan luas telapak tangannya, sementara karbohidrat jumlahnya sedikit lebih besar dari kepalan tangannya. Lengkapi dengan buah dan sayur dengan ukuran sebesar kepalan tangannya.
  • Jika anak merasa kurang kenyang, maka porsi bisa ditambahkan sedikit dari takaran yang ada di atas. Bunda bisa juga melengkapi kebutuhan nutrisinya dengan susu dan vitamin.
  • Usahakan ia tidak makan camilan menjelang jam makan. Hal ini untuk mengetahui seberapa besar tubuhnya memerlukan asupan makanan. Camilan boleh diberikan di antara jam makan.
  • Buat suasana makan menyenangkan agar anak tidak kehilangan nafsu makan. Misalnya, tata makanan agar tampilannya menarik sehingga ia semangat untuk menghabiskannya.
  • Jangan paksa untuk menghabiskan makanan. Mungkin porsi yang diberikan terlalu banyak atau ia masih merasa kenyang. Kunci agar ia merasa lapar adalah dengan membiasakan makan sesuai waktunya.
  • Jangan biasakan ia makan sembari menonton TV atau bermain gadget. Hal ini bisa membuat konsentrasinya terpecah, sehingga mengabaikan kebutuhan tubuhnya akan asupan makanan. Ajak makan bersama di meja dan buat cerita-cerita menarik soal makanan dan pentingnya asupan nutrisi bagi tubuh.

Produk Terkait

vidoran gummy Multivitamin

Membantu memenuhi kebutuhan vitamin anak dalam masa pertumbuhan.


Susu vidoran Xmart UHT Rasa Coklat

Susu cair siap minum pertama dengan NUTRIPLEX yang diperkaya Cod Liver Oil, Sumber Vit-C, Sumber Kalsium, Sumber Vit B2, B6, B12, D & E yang dikemas dengan metode Ultra High Temperature (UHT).


Susu vidoran Xmart 3+ Rasa Madu

Susu vidoran Xmart 3+ merupakan susu pertumbuhan pertama yang mengandung NUTRIPLEX diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod), Omega 3&6, Inulin, Sumber Protein, Sumber 12 Vitamin dan 6 Mineral.


vidoran Smart Vitamins Strawberry

Membantu pertumbuhan dan kemampuan belajar anak.


Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!