Wednesday, 04 November 2015

Menjaga Kandungan Vitamin dalam Makanan Agar Tidak Rusak

Dengan dalih "sayang kalau dibuang", ibu memiliki kebiasaan memanaskan kembali makanan yang sudah dibuat. Tak hanya irit, kebiasaan ini juga akan mempersingkat waktu para ibu dalam menyiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga. Tapi bolehkah  makanan sering-sering dipanaskan? 

Jawabannya: Boleh. Tapi kalau bisa satu kali saja, sebab semakin sering makanan dipanaskan dan didinginkan, maka semakin tinggi pula risiko timbulnya racun pada makanan. Proses pemanasan yang berulang-ulang mampu mengubah zat yang ada dalam makanan menjadi racun yang bersifat karsinogen (memicu munculnya sel kanker). 

Di samping itu,  proses pendinginan yang lambat akan membuat bakteri mudah berkembang biak, dan bertahan hidup ketika proses pemanasan makanan tidak dilakukan dengan sempurna dan tepat. Terutama jika masakan itu menggunakan bahan seperti kacang-kacangan, daging, ikan, dan telur, yang jika dibiarkan selama dua jam atau lebih di meja makan akan mengundang bakteri untuk berkembang biak hingga mudah rusak serta berbahaya untuk dikonsumsi. 

Agar aman, setelah dua jam, simpanlah makanan di dalam kulkas. Ini untuk mencegah bakteri berkembang biak dengan cepat (bakteri bisa berkembang biak pada suhu 4 sampai 60 derajat Celsius). Karena itu mendinginkan makan akan mampu menekan risiko terjadinya keracunan makanan. 

Caranya, tempatkan makanan dalam boks tertutup, lalu simpan dalam kulkas dengan suhu di bawah 4 derajat Celcius atau bekukan makanan dari ikan, unggas, dan daging dua jam setelah selesai dimasak. Makanan dingin di kulkas boleh dikonsumsi paling lama 3-4 hari kemudian, sedangkan makanan beku bisa bertahan hingga 4 bulan. 

Lalu, bagaimana cara memanaskan yang benar? Ketika ingin memanaskan makanan kembali, pastikan suhunya mencapai 74 derajat Celcius tetapi tidak lebih dari 80 derajat Celsius. Makanan yang dipanaskan hingga lebih dari suhu tersebut akan rusak kandungan nutrisinya. Namun, untuk saus dan makanan berkuah, pastikan pemanasannya mencapai titik didih. Tutup makanan selagi dipanaskan untuk mempertahankan kelembapannya. 

FOTO: MEMANASKAN.JPG – THE DAILYMAIL.CO.UK

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!