Tuesday, 22 December 2015

Minum Susu Bikin Anak Tidur Nyenyak

Setiap orang membutuhkan kuantitas dan kualitas tidur yang baik, terutama si kecil. Mengapa? Sebab ketika anak-anak tidak mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup, maka sulit bagi si kecil untuk mengontrol emosi mereka.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics mendapati bahwa anak usia di bawah 7 tahun yang memiliki kualitas tidur buruk berisiko memiliki masalah fisik seperti berat badan, emosi, serta kesehatan sosialnya.

Karena itu, orangtua sebaiknya mencari cara terbaik untuk memastikan buah hati mereka mendapatkan jam tidur dengan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup. Salah satunya dengan memberikan susu sebelum tidur. Berikut beberapa hal yang menunjukkan bahwa minum susu membuat bayi tidur lebih nyenyak:

•    Bayi lebih banyak minum susu pada malam hari. Sebuah studi menunjukkan bahwa 20 persen dari asupan susu bayi dalam sehari dibutuhkan pada malam hari. Mayoritas bayi dalam studi ini minum susu pada malam hari (64 persen), dan mereka diberi susu antara satu hingga tiga kali selama periode tidur mereka. Untuk bayi yang pertambahan berat badannya masih lambat, minum susu pada malam hari memberikan perbedaan besar karena makin banyak minum susu makin banyak kalori yang didapatkan untuk pertumbuhan .

•    Susu yang hangat akan menenangkan perut. Kebanyakan orang akan tidur lebih nyenyak ketika perut mereka tidak kosong. Begitu juga dengan bayi; mereka akan tertidur setelah minum susu karena perut mereka sudah kenyang. Susu yang hangat juga memberi rasa nyaman, yang pada akhirnya membantu mendorong mereka untuk tidur.

•    ASI mengandung tryptophan, asam amino pendorong tidur, terutama di malam hari. Tryptophan juga merupakan pendorong  serotonin (hormon yang mengatur mood dan siklus tidur), serta meningkatkan perkembangan otak dan fungsinya. Selain itu, pemberian ASI memungkinkan bayi melakukan kontak kulit dengan sang ibu, sehingga menurunkan stres dan membuat bayi lebih mudah tertidur.

•    Selain susu, segala produk olahan susu seperti keju dan yogurt juga bisa membantu bayi tidur lebih nyenyak. Kandungan kalsium dalam susu akan bantu otak menggunakan tryptophan untuk memproduksi hormon 'rileks' melatonin. Plus, kalsium juga bisa membantu pengatur pergerakan otot.

•    Susu yang hangat tentunya juga akan menghangatkan tubuh. Orang akan tidur lebih nyenyak ketika tubuh mereka hangat, karena otot-otot menjadi lebih rileks. Ketika suhu tubuh meningkat, tubuh juga memperlambat responsnya. Lambatnya respons tubuh itulah yang akan mendorong kita untuk tidur.

FOTO: MINUM SUSU.JPG – TELEGRAPH.CO.UK

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!