Monday, 16 December 2019

Perhatikan Nutrisi Ibu Hamil Hindari Makan Ini

Makan makanan yang  bervariasi dan seimbang penting untuk nutrisi ibu ­hamil. Sebagian besar makanan aman, namun ada makanan tertentu yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Apa saja? Berikut 5 di antaranya:

Telur mentah atau setengah matang

Telur baik untuk nutrisi ibu hamil. Namun saat mengolahnya, pastikan telur sudah benar-benar matang, sampai putih dan kuning telurnya padat. Telur mentah dan setengah matang mungkin mengandung Salmonella, sejenis bakteri berbahaya. Dalam Healthline.com dijelaskan bakteri ini dapat ditemukan pada kulit telur tetapi juga di dalam telur. Mengonsumsi telur yang terkontaminasi Salmonella dapat menyebabkan keracunan makanan. Meski risikonya kecil, namun ibu hamil tetap perlu berhati-hati.

Daging mentah atau setengah matang

Berhati-hatilah dengan daging-dagingan, termasuk daging ayam. Untuk nutrisi ibu hamil, masak semua daging secara menyeluruh sehingga tidak ada lagi darah dan daging tidak lagi berwarna merah muda. Daging mentah mungkin mengandung bakteri berbahaya termasuk Salmonella, Listeria, Campylobacter, dan E. coli yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Bakteri ini akan hancur ketika daging dimasak dengan benar.

Susu yang tidak dipasteurisasi

Dilansir dalam babycenter.com, ibu hamil tidak aman untuk minum susu yang tidak dipasteurisasi. Susu yang dipasteurisasi adalah susu yang telah melalui proses pemanasan dengan suhu 70° selama 30 menit.

Susu yang tidak melewati proses pasteurisasi tidak aman karena mungkin mengandung bakteri Listeria monocytogenes, yang dapat menyebabkan infeksi listeriosis. Meski listeriosis relatif jarang, namun ibu hamil sangat rentan dan infeksi ini dapat mengakibatkan keguguran. Susu tentu baik untuk nutrisi ibu hamil, namun pilih susu yang aman dan sudah diformulasikan bagi ibu hamil, seperti susu vidoran Ibunda.

Salad buffet/ kemasan

Salad buffet/kemasan tidak dianggap aman untuk ibu hamil karena tidak ada cara untuk memastikan sayuran dan buah tersebut telah dicuci dengan bersih sehingga dikhawatirkan mengandung  bakteri tidak sehat, seperti listeria. Listeria adalah jenis bakteri yang mudah menyerang orang dengan daya tahan tubuh lemah, seperti ibu hamil, bayi atau lansia. Konsumsi makanan yang mengandung bakteri Listeria monocytogenes bisa menyebabkan infeksi listeria yang ditandai dengan sakit kepala, demam, diare, nyeri otot dan sebagainya.

Ikan dengan kadar merkuri tinggi

Ikan baik untuk nutrisi ibu hamil karena mengandung protein dan asam lemak omega 3 esensial. Tetapi hindari ikan dengan kadar merkuri yang tinggi, seperti, tuna, todak, tenggiri, nila, dsb. Bila Bunda ingin mengambil manfaat asam lemak omega 3 yang terkandung dalam ikan, Bunda dapat minum susu vidoran Ibunda.  Susu vidoran Ibunda merupakan susu ibu hamil pertama yang diperkaya Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod) yang mengandung omega 3 (DHA & EPA), tinggi vitamin A dan D alami. Susu vidoran Ibunda juga mengandung asam folat dan asam linoleat serta tinggi kalsium. Tersedia dalam dua varian rasa yaitu vanilla kacang hijau dan coklat.

Jadi, sekalipun sebagian besar makanan aman dikonsumsi ibu hamil, namun pastikan untuk menghindari 5 makanan di atas, ya Bun.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!