Thursday, 31 March 2016

Ragam Makanan untuk Kecerdasan si Kecil

Anak pergi ke sekolah, mengikuti kegiatan ektrakurikuler, kursus musik, lalu kembali ke rumah lagi. Percayalah, aktifnya si Kecil membuat otaknya makin berkembang secara signifikan. Tapi jangan lupa, perkembangan kognitif anak juga dipengaruhi oleh apa yang dimakannya. Karena itu, Bunda perlu memastikan aneka makanan bergizi yang dikunyah dan ditelannya. Berikut adalah ragam asupan bernutrisi yang berguna untuk kecerdasan anak, di antaranya:

1. Telur. Di mana pun, terutama di sekolah, anak harus memiliki kemampuan konsentrasi yang baik. Protein dan gizi yang terkandung pada telur dapat membantunya untuk tetap fokus.
Saran penyajian: Hidangkan dalam bentuk omelet atau jadikan sebagai isian roti lapisnya.

2. Yogurt. Faktanya, lemak dibutuhkan dalam perkembangan otak; salah satu lemak yang baik bisa didapatkan lewat pengonsumsian yogurt.
Saran penyajian:  Tambahkan potongan buah pada sajian yogurt. Bisa juga disajikan bersama sereal sebagai pengganti susu.

3. Bayam. Kaya akan kandungan folat dan bermacam vitamin bahkan bayam dipercaya mampu menurunkan risiko demensia (penyakit penurunan cara berpikir) di masa mendatang.
Saran penyajian: Bila tidak suka dalam sajian sup, campurkan bayam dalam omelet atau pasta, misanya lasagna.

4. Ikan Laut. Ikan adalah sumber vitamin D dan omega 3 yang baik untuk daya tangkap pun daya ingat si Kecil. Anda bisa andalkan Salmon, Tuna, atau Sarden.
Saran penyajian: Jadikan olesan untuk dimakan bersama biskuit cracker.

5. Biji-bijian & Kacang-kacangan. Protein, asam lemak esensial, vitamin dan mineral merupakan nutrisi penting yang terkandung pada varian biji dan kacang. Keduanya baik untuk meningkatkan mood dan menjaga sistem saraf.
Saran penyajian: Pilihlah selai kacang sebagai isian roti atau sajikan kuaci sebagai camilan anak di waktu senggang.

6. Oatmeal. Kandungan protein dan serat pada oatmeal membuat pembuluh darah jantung dan otak tetap “bersih”. Sebuah studi pun membuktikan, anak yang mengonsumsi oatmeal memiliki daya ingat yang lebih baik dibanding mereka yang mengosumsi sereal manis.
Saran penyajian: Rasa unik bisa didapatkan dalam penyajian bubur oatmeal manis atau dengan taburan abon.

7. Apel. Apel mudah dijadikan buah untuk bekal sekolah. Di sisi lain, buah ini kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan otak.
Saran penyajian: Usahakan memilih apel organik, sajikan sebagai camilan sehat atau bekalnya di sekolah.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!