Monday, 03 August 2015

Sedia Camilan Sehat Di Saat Mudik

Perjalanan panjang menuntut stamina dan menguras energi. Untuk itu, sediakan camilan sehat dan bergizi untuk anak agar perjalanan aman, nyaman, dan menyenangkan.Perjalanan mudik biasanya memakan waktu lama. Selain karena jarak tempuhnya mencapai ratusan kilometer, kemacetan parah membuat perjalanan semakin panjang. Kondisi ini dapat menguras stamina dan energi, apalagi untuk si kecil yang ketahanan fisiknya masih lemah. Untuk itu, orangtua sebaiknya menyiapkan makanan dan minuman ringan sehat selama perjalanan. Dengan begitu, anak tidak rewel serta mencegahnya jatuh sakit karena kekurangan nutrisi bergizi selama perjalanan.

Berikut rambu-rambu pemberian camilan dan makanan sehat bagi anak:

  • Untuk minuman, orangtua sebaiknya menyediakan air putih atau air mineral dalam kemasan. Berikan setiap kali anak kehausan atau seusai makan makanan ringan. Air sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan, sekaligus mencegah badan anak lemah dan lesu. Hindari menyediakan minuman teh kemasan, minuman berkarbonasi, atau minuman bersoda karena tidak sehat, bahkan berisiko menyebabkan gangguan pencernaan pada anak.
  • Atur pola makan sesuai dengan jadwal makan sehari-hari di rumah. Bila anak biasanya makan siang pukul 13.00, orangtua harus memberi makanan pokok di jam tersebut. Mampirlah di tempat peristirahatan atau tempat makan, berikan kesempatan pada lambung anak untuk diisi makanan.
  • Jangan lupa sediakan camilan sehat di sela-sela waktu makan anak. Kalau memungkinkan buatlah camilan sehat bergizi seperti buah potong, roti isi sayur dan daging, dan lainnya. Lihat inspirasi pembuatan resepnya di internet.
  • Kalau anak enggan atau malas makan, jangan dipaksa. Kelelahan di perjalanan kadang membunuh nafsu makan anak. Bila itu yang terjadi, berikan camilan atau makanan kecil.
  • Pilah-pilih camilan sehat untuk anak. Hindari camilan kaya gula seperti permen, es krim, cokelat, makanan ringan kaya garam dan sodium, dan lainnya. Selain tidak sehat, camilan itu dapat membuat anak malas makanan pokok.
  • Jangan lupa cuci tangan sebelum makan, entah makan makanan pokok atau makan camilan.

SUMBER FOTO: http://cdn.sheknows.com

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!