Dunia Smart vidoran

Monday, 15 September 2014

Sejuta Manfaat Susu Bagi Pertumbuhan Anak

Tahukah Bunda, dibalik segelas susu..tersimpan sejuta manfaat. Susu merupakan minuman sarat gizi. Berikut manfaat susu bagi pertumbuhan anak secara lebih detail dan lengkap:
1. Menambah nafsu makan 
Menurut Nurfri Afriansyah, peneliti dari bagian Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi, IPB Bogor, susu yang ditambahkan dengan minyak ikan dipercaya dapat menambah nafsu makan anak. Sebab, dalam minyak ikan terdapat berbagai vitamin seperti vitamin B kompleks yang dapat meningkatkan nafsu makan anak.
2. Sebagai pengantar tidur.
Nurfri Afriansyah juga mengatakan, adanya lemak pada susu akan membantu anak tidur lebih baik. Kandungan protein bernama tryptophan juga bisa membuat tidur seseorang lebih nyenyak. Ketika tryptophan masuk ke otak, otak akan memproduksi serotonin, yaitu bahan kimia otak yang akan mengirimkan sinyal ke otak untuk membangkitkan rasa tenang. Untuk itu, mengonsumsi susu hangat sebelum tidur akan membantu anak tidur lebih lelap.
3. Untuk kecerdasan.
Berdasarkan keterangan DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc., dari Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, susu mengandung asam amino esensial, yaitu asam lemak esensial penting untuk perkembangan otak. Karbohidrat yang ada di dalamnya menjadi sumber energi yang baik bagi otak. Dengan kata lain, minum susu akan membantu otak bekerja lebih optimal.
4. Memperkuat daya tangkap dan daya ingat.
DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc. Juga mengatakan, beberapa susu juga sudah menambahkan nutrisi penting, yaitu seperti zat besi, vitamin B 12, dan dan asam folat. Ketiga mikronutrien ini sangat penting untuk daya tangkap dan daya ingat anak. Pastikan memilih susu yang telah difortifikasi agar kebutuhan akan mikronutrien tersebut dapat terpenuhi.
5. Proses penulangan dan gigi.
Dalam masa pertumbuhan, masa emas di usia 0-5 tahun dan dilanjutkan hingga usia 12 tahun, tulang-tulang anak sedang dalam masa pertumbuhan. Sebab itu, anak memerlukan asupan kalsium yang cukup untuk bisa memenuhi kebutuhan tubuh dalam pembentukan tulang dan gigi. Kalsium paling mudah didapat dan paling banyak, terdapat pada susu. Apalagi, DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc, mineral kalsium dalam susu lebih mudah diserap dibandingkan makanan lainnya.
6. Pertumbuhan dan perkembangan otot.
Kandungan asam amino esensial yang terkandung dalam susu, penting untuk pertumbuhan dan pembentukan otot. Protein dalam susu, tutur DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc, juga bermanfaat untuk memulihkan kembali otot seusai anak beraktivitas fisik atau berolahraga.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!