Dunia Smart vidoran

Sunday, 14 April 2019

Si Kecil mulai GTM, Pahami Kebutuhan Nutrisi Anak Balita

Apakah kebutuhan nutrisi buah hatiku bisa terpenuhi? Begitu pertanyaan orang tua saat si kecil mulai melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut). Agar Bunda tak terlalu khawatir, yuk pahami kebutuhan nutrisi anak balita.

Berbicara tentang kebutuhan nutrisi anak balita, tidak terlepas dari nafsu makan mereka yang “aneh”.  Kemarin ia begitu lahap makan,  hari ini susahnya minta ampun, besok makan tapi sedikiiit banget. Cara makan anak balita seperti ini wajar kalau menimbulkan kekhawatiran pada diri Bunda.  Jadi yuk kita pahami kebutuhan nutrisi anak balita dengan tanya jawab di bawah ini:

Berapa banyak sebenarnya kebutuhan nutrisi anak balita?

Kebutuhan nutrisi balita akan berbeda-beda pada setiap anak, bergantung pada usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas, berat badan dan tinggi badan. Namun kalau berbicara soal porsi makan, anak balita hanya membutuhkan kira-kira seperempat hingga sepertiga ukuran porsi orang dewasa. Jadi, jangan memberikan nasi dan lauk pauk sebanyak yang Bunda makan. Porsi yang terlalu banyak bisa menimbulkan anggapan kalau anak melakukan GTM karena nasinya tidak dihabiskan, padahal ia memang sudah kenyang.

Bagaimana cara memenuhi kebutuhan nutrisi anak balita?

Untuk membantu merangsang nafsu makannya, anak balita harus aktif. Banyak bergerak akan memunculkan rasa lapar dan pada akhirnya merangsang nafsu makannya.  Rencanakan juga jadwal makan anak dengan baik. Jika mereka ngemil terus sepanjang hari, anak pun terkesan jadi GTM. Padahal ia tak mau makan karena masih kenyang.

Apakah minum susu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak balita?

Susu merupakan minuman bergizi dan mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Jadi ya minum susu akan membantu anak balita memenuhi nutrisi hariannya. Namun bukan berarti untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak balita, Si Kecil diperbolehkan minum susu  tanpa makan. Tentu tidak, Bun. Anak harus tetap diusahakan untuk mengonsumsi menu dalam komposisi seimbang yang terdiri atas sumber karbohidrat, sumber serat, vitamin, mineral, sumber protein, sumber lemak baik, dan air putih. Pada saat jadwal makan camilan tiba, susu bisa ditawarkan. Susu vidoran Xmart 1+ dan susu vidoran Xmart 3+, misalnya. Susu vidoran Xmart mengandung nutriplex yang diperlukan sesuai kebutuhan usia anak, seperti Inulin dan Asam Linoleat dan berbagai nutrisi penting lainnya. Susu vidoran Xmart juga mengandung Cod Liver Oil atau Minyak Hati Ikan Kod untuk mendukung pembentukan retina mata dan pertumbuhan anak, membantu mengoptimalkan kecerdasannya, serta meningkatkan daya tahan tubuh buah hati.

Bagaimana tanda kebutuhan nutrisi anak balita terpenuhi?

Nutrisi yang baik akan tampak pada tumbuh kembang anak yang optimal. Untuk mengecek, Bunda dapat melihat Kartu Menuju Sehat (KMS). Dari catatan grafik perkembangan anak pada KMS (yang diukur berdasarkan umur, berat badan, dan jenis kelamin), status gizi buah hati bisa diketahui. Jika Bunda melihat Si Kecil ada di bawah grafik pertumbuhan yang normal, konsultasikan pada dokter. Sebelum janji temu, Bunda bisa mencatat apa yang telah dimakan dan diminum anak setidaknya selama tiga hari terakhir.  Catatan ini biasanya akan membantu dokter untuk menganalisa pola makan Si Kecil dan memberikan saran-saran yang lebih tepat.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!