Saturday, 22 February 2020

Soft Skill, Satu dari 3 Tips Meningkatkan Kecerdasan Anak

Meningkatkan kecerdasan anak akan selalu menjadi topik yang mencuri perhatian banyak orang. Jack Ma, misalnya. Ia bukanlah seorang pemerhati dunia anak. Namun di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, pendiri Alibaba, perusahaan e-commerce terbesar di China ini, membuat banyak orang terpana. Seruannya untuk mengubah cara pendidikan pada anak yang hanya mengajarkan berbagai pengetahuan banyak diakui kebenarannya.

Menurut Ma, sistem Pendidikan seperti itu hanya membuat anak-anak kita bersaing dengan mesin. Sementara kecerdasan buatan yang tertanam dalam mesin memungkinkan mesin mampu melakukan berbagai hal, termasuk tugas sulit yang tidak dapat dilakukan manusia dan memberikan data-data dengan rinci.      

“Kita harus mengajari anak sesuatu yang unik,  sehingga sebuah mesin tidak akan pernah bisa menyusul kita,” katanya.  Yang perlu diajarkan pada anak-anak, lanjut Ma, adalah soft skills. “Kita perlu mengajarkan nilai-nilai pada anak-anak kita, mengajarkan kepercayaan diri, berpikir mandiri, kerja tim, dan kepedulian pada orang lain. Ini yang membuat manusia lebih baik daripada mesin,” jelas Ma.

Nah, mengasah soft skills merupakan satu dari tiga tips meningkatkan kecerdasan anak yang jarang diketahui orang tua. Dua lainnya? Ini dia:

 Ajak anak mengobrol

Menurut sekelompok peneliti di MIT Harvard dan University of Pennsylvania melakukan komunikasi dua arah dengan anak-anak usia dini (usia 4-6) terbukti mampu membantu mengembangkan, menumbuhkan, dan meningkatkan kecerdasan anak, terutama keterampilan berkomunikasinya.  Harap tidak dilupakan, komunikasi dianggap sebagai salah satu hal paling penting yang berkontribusi terhadap kesuksesan seseorang.

Para peneliti menemukan bahwa area Broca, wilayah otak yang berfokus pada keterampilan bicara dan pemrosesan bahasa, jauh lebih aktif pada anak-anak yang sering terlibat dalam percakapan aktif. Anak-anak ini juga mendapat skor lebih tinggi dalam tes bahasa, tata bahasa, dan keterampilan penalaran verbal. “Ini memberikan bukti bahwa percakapan dalam keluarga di rumah memiliki keterkaitan erat dengan perkembangan otak pada anak," ujar John Gabrieli, penulis senior penelitian ini.

Perhatikan asupan Omega-3

Tips meningkatkan kecerdasan anak yang ketiga terkait dengan asupan nutrisi anak. Salah satunya adalah omega-3. "Semakin banyak omega-3 yang bisa kita dapatkan di otak, semakin baik fungsi otak dan kemampuan anak untuk fokus," kata Bonnie Taub-Dix, RD, penulis buku Read It Before You Eat It.

Itu sebab menambahkan omega-3 pada asupan anak, dengan minum susu vidoran Xmart,  misalnya akan memberikan banyak manfaat kesehatan. Susu vidoran Xmart merupakan susu pertumbuhan pertama yang diperkaya dengan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod).

Cod liver oil adalah minyak hati ikan kod yang mengandung Omega 3 (DHA+EPA) dan tinggi vitamin A & D alami yang memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan daya tahan tubuh anak, membantu pertumbuhan anak, dan mengoptimalkan perkembangan jaringan otak anak yang kelak akan berkontribusi dalam meningkatkan kecerdasannya.

 

 

Sumber:

www.cnbc.com

www.webmd.com

 

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!