Tuesday, 20 April 2021

Tambahan Nutrisi Ini Penting untuk Ibu Hamil saat Berpuasa

Bunda yang sedang hamil dan ingin berpuasa, boleh-boleh saja, kok. Hanya demi lebih amannya, Bunda sebaiknya berkonsultasi dulu pada dokter. Beberapa kondisi bumil, seperti mual muntah parah di trimester pertama, umumnya disarankan untuk tidak berpuasa karena adanya risiko dehidrasi. Bumil dengan masalah kesehatan, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, juga sebaiknya memastikan dulu pada dokter sebelum memutuskan untuk berpuasa.  Di luar itu, bumil yang tidak memiliki keluhan berarti, biasanya bisa menjalankan ibadah puasa tanpa masalah. 

Berikut tips berpuasa bagi bumil, termasuk bagaimana menjaga tambahan nutrisi penting yang tak boleh terlewatkan selama kehamilan

  • Perhatikan kecukupan cairan

Pastikan bumil cukup minum delapan gelas per hari untuk mencegah dehidrasi. Hindari minuman, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda untuk mengurangi asupan kafein. Untuk mengatur asupan cairan, Bunda bisa menggunakan pola 242, yaitu minum 2 gelas air saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur.

  • Makan secara perlahan dan bertahap

Saat berbuka puasa makanlah sedikit-sedikit agar tidak membebani sistem pencernaan. Bisa dimulai dengan segelas air putih, lalu dilanjutkan dengan segelas air lagi dan beberapa buah kurma.

  • Jaga pola makan sehat dan seimbang

Setelah salat tarawih, bumil bisa melanjutkan berbuka dengan makanan yang lebih berat namun tetap sehat. Pilihlah kelompok makanan yang memiliki kandungan protein, seperti daging, ikan, telur dan keju. Jangan lupa buah segar untuk kebutuhan serat serta vitamin dan mineral. Jauhi makanan berlemak untuk menghindari mulas dan penambahan lonjakan berat badan.

Baca Juga: 5 Camilan Sehat untuk Ibu Hamil

  • Minum susu vidoran Ibunda sebelum tidur

Bumil juga sebaiknya makan camilan sehat disertai minum Susu vidoran Ibunda.  Susu vidoran Ibunda adalah susu ibu hamil yang menggunakan susu berkualitas dari peternakan sapi di New Zealand, mengandung formula imunUp yang diperkaya dengan Cod Liver Oil, Asam Folat, Tinggi Kalsium, Omega 3&6, Sumber 12 vitamin dan 8 mineral yang dibutuhkan selama kehamilan sehingga Ibu dapat memberikan asupan terbaik bagi buah hati tercinta sejak di dalam kandungan. Susu vidoran Ibunda dapat membantu memenuhi nutrisi ibu hamil dan janin dalam kandungan selama Bunda berpuasa di bulan Ramadan ini. 

Selamat berpuasa, ya, Bun!

Baca Juga: Tips Aman Silaturahmi saat Hari Raya di Tengah Pandemi bagi Ibu Hamil

Sumber:
Livescience
The Peninsula Qatar

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!