Wednesday, 30 September 2015

Temulawak dan Khasiatnya untuk Anak

Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis, keberadaan temulawak atau curcuma sangat mudah dijumpai. Meski ukurannya relatif kecil, temulawak memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan.

Temulawak mengandung kurkumin (zat warna kuning) yang bersifat analgesik, antioksidan, dan antiinflamasi. Sehingga temulawak bisa menjadi “tameng” kuat untuk menghalau penyakit kanker, hati, diabetes, pencernaan, dan peradangan. Selain itu, temulawak juga kaya akan kandungan vitamin C, E, B6, potasium, dan zat besi.

Pamor temulawak dalam menjaga kesehatan anak memang sudah tidak diragukan lagi. Mau tahu apa saja khasiatnya yang lain? Yuk cari tahu di sini!

Meningkatkan nafsu makan
Agar dapat menjalani proses tumbuh kembang yang optimal, si kecil memerlukan pola makan yang baik. Sayangnya, tidak semua anak memiliki pola makan yang baik. Kadang anak menjadi picky eater, dan memiliki nafsu makan yang rendah.

Supaya nafsu makan anak Anda tidak terganggu, berikan mereka temulawak, baik dalam campuran makanan atau dalam bentuk suplemen. Kandungan curcuminoid jika dikonsumsi dalam dosis yang sesuai diyakini mampu meningkatkan nafsu makan seseorang.

Namun perlu diingat bahwa nafsu makan anak tak hanya dipengaruhi oleh faktor temulawak. Kondisi kesehatan anak secara keseluruhan dan suasana makan yang mendukung dalam keluarga juga akan menumbuhkan nafsu makannya.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Sistem kekebalan tubuh merupakan “tameng” alami tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus penyebab penyakit. Menjalani pola makan yang sehat, memiliki jam tidur yang cukup, dan rutin berolahraga/ bergerak merupakan faktor-faktor yang bisa meningkatkan sistem kekebalan anak.

Tetapi ada hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah menurunnya sistem kekebalan tubuh serta membantu meningkatkannya kembali, salah satunya adalah temulawak.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS ONE (Public Library of Science), kandungan kurkumin dalam temulawak memiliki fungsi anti peradangan yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu temulawak juga memiliki fungsi antibakteri dan antivirus yang membuatnya semakin ampuh dalam membantu tubuh mencegah terkena serangan penyakit akibat infeksi.

FOTO: TEMULAWAK.JPG – YOUTUBE.COM

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!