Dunia Smart vidoran

Friday, 08 March 2019

Terlalu Gemuk atau Kurus? Ini Kebutuhan Gizi Ibu Hamil per trimester

Pada setiap kunjungan prenatal, Bunda akan ditimbang oleh penyedia layanan kesehatan untuk melacak berapa penambahan berat badan selama kehamilan. Bagaimana hasilnya, Bun? Terlalu gemuk atau kurus? Nah, Ini kebutuhan gizi ibu hamil per trimester.

Prinsip penambahan berat badan selama kehamilan harus bertahap. Selama trimester pertama berat badan Bunda mungkin hanya naik sekitar 0,5—2 kg atau malah tidak naik sama sekali. Ini wajar kok. Masuk trimester kedua dan ketiga, jika berat badan sebelum kehamilan ideal, Bunda perlu tambahan berat badan sekitar 0,36 – 0,45 kg per minggu. Untuk yang terlalu kurus, perlu menambah 0,4 – 0,59 kg per minggu, sementara yang gemuk antara 0,18 – 0,27 kg.  

Bagaimana dengan kebutuhan gizi ibu hamil per trimester? Selama kehamilan, Bunda tetap perlu makan makanan bergizi, bervariasi, dan seimbang. Namun ada beberapa kebutuhan gizi ibu hamil yang ditekankan di setiap trimester demi mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Berikut sedikit gambarannya:

Trimester Pertama

Meski mengalami mual muntah tetaplah berusaha untuk makan. Jika Bunda mengalami masalah dengan kuantitas, berkonsentrasilah pada kualitas. Tetaplah berusaha memilih makanan bergizi apa pun yang Bunda bisa nikmati

Bila Bunda suka,  minum susu dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil di trimester pertama ini. Susu vidoran Ibunda, misalnya menawarkan rasa kacang hijau yang lezat dengan segala manfaatnya.  Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati yang sangat tinggi dan dibutuhkan untuk menghindari risiko bayi lahir cacat. Selain itu, karbohidrat kompleks yang terdapat pada kacang hijau memberikan kekuatan pada ibu hamil agar tidak mudah lelah.

Trimester kedua

Selama trimester kedua, kebutuhan gizi ibu hamil yang ditekankan adalah makanan yang kaya kalsium, magnesium, vitamin D, seperti alpukat, brokoli, wortel, kacang hijau, dsb. Nutrisi ini dapat membantu membangun tulang dan gigi yang kuat pada janin. Untuk perkembangan otak janin, Bunda juga disarankan untuk menikmati makanan yang mengandung omega-3.

Susu vidoran Ibunda, merupakan susu ibu hamil pertama yang diperkaya Cod Liver Oil atau Minyak Hati Ikan Kod.  Cod Liver Oil mengandung Omega 3 (DHA & EPA) serta tinggi akan vitamin A & D alami yang dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang jaringan saraf otak janin, retina mata janin, pertumbuhan dan perkembangan sel tubuh janin, serta menjaga asupan nutrisi dan daya tahan tubuh Bunda selama masa kehamilan.          

Trimester ketiga

Pada trimester ketiga, kebutuhan gizi ibu hamil dibutuhkan untuk perkembangan janin yang sudah semakin besar dan sering lapar. Bunda harus makan sekitar 2.500 kalori sehari (ditambah 300 kalori jika Bunda mengandung bayi kembar).

Otak janin juga sedang berkembang dengan cepat sehingga akan sangat membantu jika Bunda menekankan diet yang kaya akan asam lemak omega-3 DHA. Lemak luar biasa ini ditemukan dalam salmon, telur DHA, dan susu vidoran Ibunda. Jangan lupa di trimester ini Bunda juga perlu makanan yang kaya serat untuk menangkal sembelit.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!