Dunia Smart vidoran

Wednesday, 22 November 2017

Yuk, Ajak Si Kecil Suka Makan Ikan

Kecenderungan pola makan anak-anak zaman sekarang yang tidak sehat banyak menyatap makanan berlemak tinggi, dapat diimbangi dengan banyak mengonsumi ikan. Bila Ibu bertanya  jenis ikan apa yang paling baik bagi anak, pada prinsipnya semua jenis ikan boleh dikonsumsi. Hanya saja yang paling baik adalah ikan-ikan laut dalam, seperti ikan lemuru, kod, tuna, sardin, baronang, tenggiri, makarel, dan kakap besar.  Ikan-ikan tersebut mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk kecerdasan anak.

Kelemahan dari omega 3 yang ada dalam ikan, yakni tidak tahan terhadap suhu panas. Karenanya, pengolahan ikan dengan banyak minyak dalam suhu sangat panas (deep frying) tidak disarankan, karena kandungan omega 3 akan berkurang. Selain itu zat-zat nutrisi lainnya dari ikan tersebut akan hilang dalam larutan minyak.

Pengolahan yang dianjurkan yaitu menggoreng dengan cara shallow frying atau sedikit minyak di atas api kecil dan dalam waktu tidak terlalu lama (tidak sampai kering). Dengan cara ini, kerusakan kandungan omega 3 hanya terjadi di permukaan saja.  Pengolahan dengan cara dibakar juga sebaiknya dihindari karena sisa pembakaran yang berwarna hitam membawa sifat karsinogenik pada makanan atau dapat memicu kanker.

Pengolahan ikan yang paling baik karena paling sedikit merusak kandungan gizinya adalah dengan cara dikukus (dipepes) atau ditim. Jangan takut bau amisnya akan tersisa, karena banyak bumbu tersedia untuk menyiasatinya sekaligus menambah lezatnya rasa ikan.

Olahan ikan mentah tanpa pemanasan seperti sushi yang merupakan masakan Jepang memang cukup baik karena tidak merusak kandungan gizinya. Namun perlu diingat, keamanan pangan di Indonesia belum terjamin.  Negara kita yang beriklim tropis memungkinkan berkembangbiaknya bibit penyakit dengan subur.

Sebagai alternatif untuk mendapatkan asupan omega 3, selain mengonsumsi ikan, si kecil dapat menikmati susu vidoran Xmart. Susu vidoran Xmart, mengandung 12 vitamin, 8 mineral, inulin, EPA, DHA, dan yang terpenting mengandung Minyak Hati Ikan Kod yang kaya omega 3. Omega 3 seperti kita ketahui, bermanfaat untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan kecerdasan buah hati, meningkatkan daya tahan tubuhnya, dan mendukung pembentukan retina mata anak. 

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!