Tuesday, 20 October 2015

Fakta Seputar Vitamin C untuk Pertumbuhan Anak

Setiap ibu tentu sadar betul akan pentingnya memenuhi kebutuhan vitamin untuk pertumbuhan anak. Salah satu vitamin yang penting untuk pertumbuhan anak adalah Vitamin C. Meski sumber Vitamin C banyak terdapat dalam berbagai pilihan makanan, tetapi memberi vitamin untuk anak tidak bisa sembarangan. Berikut beberapa fakta tentang Vitamin C yang perlu Anda tahu.

Dosis yang dibutuhkan anak. Anak usia 1-3 tahun memerlukan Vitamin C sebanyak 15 mg per hari. Sementara usia 4-8 tahun sebesar 25 mg perhari.

Buah dan sayur yang berwarna adalah sumber Vitamin C yang baik. Bayam, pepaya, tomat, mangga adalah beberapa di antaranya. 

Memulihkan luka. Selain meningkatkan daya imun tubuh, Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi dari bahan makanan dan membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

Antioksidan. Vitamin C merupakan antioksidan yang efektif dan memiliki peran penting dalam tubuh untuk mengusir radikal bebas sehingga mencegah terjadinya kerusakan sel dalam tubuh. 

Larut dalam air. Artinya Vitamin C tidak disimpan dalam tubuh jika tidak digunakan, melainkan kelebihan asupannya dapat keluar bersama urin. Itu sebabnya setiap hari tubuh memerlukan asupan vitamin yang baru terus menerus.

Bagaimana kita bisa tahu apakah anak kita kekurangan Vitamin C atau tidak? Umumnya gejala kekurangan Vitamin C ditandai dengan kelelahan, gusi berdarah, dan sakit pada otot dan sendi. Perlu diingat juga, meski kelebihan Vitamin C dalam tubuh secara otomatis terbuang bersama urine, tapi overdosis yang terlalu besar pada anak (mengonsumsi ratusan mg Vitamin C sehari) dapat menyebabkan mual, diare, atau kram perut. Jadi pastikan anak mengonsumsi Vitamin C sesuai kebutuhan. 

Sumber : babycenter.com
Foto: Shutterstock

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!