Dunia Smart vidoran

Saturday, 26 October 2019

5 Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Usia Sekolah

Apakah kecerdasan adalah faktor genetik? Tidak ada penelitian menunjukkan  anak-anak yang berprestasi karena keturunan pintar dari orang tuanya. Kemauan untuk belajarlah yang terbukti berperan dalam meningkatkan kecerdasan anak, begitu juga pengasuhan yang baik dari orang tua.

Penasaran akan caranya?  Berikut 5 cara meningkatkan kecerdasan anak usia sekolah.

1. Orang tua perlu terlibat

Mengembangkan kebiasaan belajar yang baik pada anak memerlukan peran orang tua. Para orang tua dari anak-anak yang berprestasi mengaku mereka selalu menyediakan waktu ketika buah hatinya ingin mendiskusikan materi pelajaran yang rumit. Mereka juga memastikan anak-anaknya menyelesaikan PR. 

2. Beri tempat yang tenang untuk belajar

Punya ruang dan waktu belajar tertentu bisa meningkatkan kecerdasan. Ini bukti dari penelitian. Beberapa siswa mungkin senang belajar sambil mendengarkan musik, namun menurut ahli cara belajar ini tidak akan optimal. Hal ini dikarenakan untuk beberapa pelajaran, terutama matematika, membutuhkan konsentrasi penuh dan latihan yang konstan. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk tetap menciptakan suasana yang tenang saat belajar. Namun, jika mood anak untuk belajar lebih bagus saat mendengarkan musik, Bunda bisa mengatur volume suaranya agar tidak terlalu keras. Dengan begini, anak bisa tetap semangat belajar dan terjaga daya konsentrasinya.

3. Perlu disiplin

Disiplin bukan berarti Bunda adalah orang tua yang galak, selama kita bisa menciptakan suasana yang serius namun tetap menyenangkan bagi anak untuk belajar. Strategi Time-out mungkin lebih cocok untuk anak balita, sementara penarikan hak istimewa lebih efektif untuk anak usia sekolah. Memotong waktu bermain game/gadget adalah strategi populer untuk mendorong anak usia sekolah belajar.

4. Tetap dukung ketika nilai anak jelek

Satu atau dua kali mendapat nilai jelek adalah wajar dan bagian dari proses pembelajaran, tidak perlu memarahinya. Bantu anak mengulas kembali materi yang belum dikuasainya itu. Dari situlah anak  bisa belajar dari kesalahan dan meningkatkan kecerdasannya.

5. Konsumsi Omega-3

Banyak penelitian menunjukkan bahwa lemak omega 3 sangat penting bagi otak.  Omega 3 (DHA dan EPA) merupakan pembentuk 8-10% jaringan otak. DHA berfungsi sebagai pembentuk/komponen struktur saraf/myelin sheath. Sementara EPA bermanfaat agar saraf berfungsi dengan optimal.  Susu vidoran Xmart mengandung asam lemak tak jenuh ganda omega 3 (DHA dan EPA) yang telah lama dipercaya baik untuk meningkatkan kecerdasan.

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!