Tuesday, 12 June 2018

5 Hal Penting Tentukan Destinasi Wisata dengan Balita

Libur panjang lebaran ini banyak dimanfaatkan sebagai momen bersilaturahmi sekaligus berwisata dengan keluarga. Apakah Bunda berencana seperti itu juga? Nah, dalam menentukan destinasi liburannya itu yang susah-susah gampang, ya Bun? Karena bepergian dengan anak-anak akan membutuhkan perencanaan yang luar biasa. Untuk membantu Bunda, berikut 5 hal penting yang perlu Bunda pertimbangkan saat menentukan destinasi wisata dengan balita:

  • Pertimbangkan segala destinasi

Banyak orang tua cenderung membatasi diri ketika merencanakan liburan keluarga, menganggap beberapa tujuan terlarang bagi anak-anak. Memang, ada tempat-tempat yang sulit dinegosiasikan saat membawa balita, tetapi jangan mengabaikan suatu tempat sampai Bunda benar-benar memeriksanya. Jadi pada tahap perencanaan ini, jangan tetapkan batas namun persiapkan observasi dan riset yang matang untuk tempat-tempat yang dituju.

  • Kegiatan kesukaan anak

Apa yang menjadi kegiatan kesukaan anak, bisa dijadikan masukan dalam menentukan destinasi liburan. Bila si kecil sudah agak besar, lakukan diskusi sederhana untuk mengetahui aktivitas favorit buah hati. Apakah anak lebih tertarik untuk berenang di pantai atau naik kuda di pegunungan, misalnya.

  • Masalah keamanan

Ketika bepergian dengan anak-anak, faktor keamanan menjadi bagian yang terpenting. Carilah blog-blog wisata yang menulis tentang destinasi wisata yang telah Bunda tentukan. Meskipun tidak selalu membahas langsung soal keamanan, pengalaman pribadi yang diceritakan dalam blog tersebut dapat berbicara banyak tentang risiko yang sebenarnya. Facebook, terutama Facebook dari para orang tua yang suka bepergian, juga sangat bermanfaat untuk ini. Bila diperlukan, siapkan juga  pengaman tambahan seperti tali harness, informasi no kontak orangtua yang diselipkan di saku baju anak, dan sebagainya.

  • Berapa lama pergi

Bunda perlu mempertimbangkan lama libur dan berapa hari yang Bunda butuhkan untuk mencapai tempat tujuan tersebut. Dengan membawa anak-anak, perjalanan cenderung lebih lambat. Pastikan Bunda membuat itinerary yang masuk akal dengan selalu mengingat faktor kelelahan si kecil dalam menjalani perjalanan panjang dalam wisata ini. Pastikan juga  Bunda memiliki beberapa hari ekstra untuk perjalanan balik, terutama bila Bunda harus kembali bekerja.

  • Bujet Anda

Anggaran adalah hal penting dalam menentukan tujuan wisata. Buatlah daftar dari apa yang mungkin Bunda bayarkan: tiket, akomodasi, makanan (apakah Bunda akan makan di luar atau memasak?), biaya bagasi, dsb. Dengan membawa anak-anak, selalu pertimbangkan kemungkinan ongkos-ongkos tambahan. Untuk itu Bunda perlu menghitung detail setiap biaya yang dibutuhkan agar tidak banyak pengeluaran tak terduga yang muncul dan membuat bujet awal melonjak.

 

Selamat berlibur!

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!