Friday, 28 February 2020

5 Variasi Makanan Padat untuk Anak

Makanan padat penting untuk bayi karena akan memberi pengalaman pada si Kecil akan rasa dan tekstur baru makanan dan yang terpenting akan memberi bayi kebutuhan zat besi yang amat penting untuk tumbuh kembangnya.

Kalau Bunda sedang mencari variasi makanan padat untuk si Kecil, berikut 5 variasi yang bisa Bunda coba olah di rumah:

  1. Buah dan sayur

Pada usia 6 bulan, bayi dapat menikmati sebagian besar buah-buahan dan sayuran. Yang kerap jadi pertanyaan apakah buah dan sayur yang diberikan pada bayi harus selalu dikupas? Dalam laman homemade baby-food recipes dijelaskan mengupas sayuran dan buah sebelum diberikan pada bayi memiliki beberapa manfaat, seperti  membuatnya lebih mudah dicerna oleh bayi, rasa kulitnya mungkin tidak sesuai dengan keinginan bayi, untuk mencegah tersedak dan untuk menghilangkan residu pestisida.

  1. Daging sapi

Para ahli merekomendasikan untuk memperkenalkan daging sapi kepada bayi sejak usia 7 bulan. Ayam/kalkun biasanya diperkenalkan terlebih dahulu dan selanjutnya daging merah. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa daging harus diperkenalkan sebagai salah satu makanan padat pertama bagi bayi dari usia 6 bulan. Ini terkait dengan simpanan zat besi bayi yang semakin menipis di usia ini. Nah, salah satu sumber zat besi terbaik, tentu saja daging sapi.

  1. Ayam

Ayam adalah sumber protein yang sangat baik. Sayangnya, lemak yang dikandung pada ayam kurang jenuh. Seperti yang kita ketahui, lemak jenuh adalah lemak tidak sehat yang harus dibatasi. Jadi, meskipun enak, ayam dengan kulit memiliki lemak dua kali lebih banyak daripada yang tanpa kulit. Untuk itu, sesekali menyajikan ayam dengan kulit untuk bayi tentu boleh-boleh saja, namun dalam jangka panjang yang terbaik adalah mendorong si Kecil untuk menikmati ayam tanpa kulit.

  1. Tahu

Tahu adalah sumber protein, zat besi, kalsium, serat, dan asam lemak yang sangat baik. Unsur-unsur ini menjadikan tahu sebagai pilihan yang sempurna sebagai makanan padat yang bergizi untuk bayi. Tahu dapat diperkenalkan sebagai variasi makanan padat bayi sejak usia 8 bulan.

5. Ikan

ikan adalah "makanan kesehatan" yang sempurna untuk bayi. Ikan tinggi protein, kalium dan vitamin dan mengandung asam lemak Omega 3.  Bunda dapat memperkenalkan ikan sebagai variasi makanan padat bayi dari usia 6-7 bulan. Tetapi berhati-hatilah untuk menghilangkan semua duri dan tulang dari ikan. Periksalah kembali sebelum menyajikan ikan pada bayi.

 

Sumber:

homemade-baby-food-recipes.com

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!