Wednesday, 15 April 2015

7 Cara Agar Anak Cepat Berjalan

Secara umum anak usia 1 tahun biasanya mampu berjalan beberapa saat tanpa bantuan.  Pada usia 12—18  bulan kemampuan yang harus dikuasainya adalah berdiri tanpa bantuan, berjalan dengan merambat ke perabotan di rumah, berjalan 2 atau 3 langkah tanpa bantuan, berjalan 10—20  menit tanpa bantuan.
    Pertanyaannya, bagaimana cara agar anak cepat berjalan? Kuncinya adalah stimulasi. Berikut stimulasinya:

  • Izinkan anak melakukan eksplorasi ke segala penjuru rumah. Saat anak mulai merangkak dan merambat, kurangi penggunaan kata “jangan” agar tak menghalangi geraknya.
  • Usahakan melepas anak dari gendongan sesering mungkin, sehingga otot kakinya lebih lincah bergerak.
  • Ajak anak bermain untuk menstimulasi motoriknya, biarkan ia mengambil bola yang dilempar atau mendengarkan lagu sambil melompat-lompat.
  • Berjalan-jalan di taman kompleks akan membuatnya makin terlatih berjalan. Bila kemampuannya masih sangat kurang, lakukan  sambil melatih anak.
  • Kita dapat menyediakan fasilitas sederhana untuk mempelancar kemampuan anak berjalan, Misal, dengan menyediakan tongkat berputar yang bertumpu pada satu poros. Dengan berpegangan pada bilah yang melintang, secara tak langsung anak berlatih berjalan saat mendorong bambu tersebut. Bisa juga dengan hang bar seperti yang ada di pusat-pusat terapi. Intinya ada satu benda kokoh yang digunakan untuk berpegangan saat keseimbangannya masih labil.
  • Singkirkan benda pecah belah/pajangan kaca dari atas meja/ jangkauan anak.
  • Jangan gunakan taplak yang menjuntai ke lantai, karena bisa membuatnya tersandung. Apalagi saat berjalannya belum mantap.

 

Jadi yang pertama tahu promo dan artikel terbaru dari vidoran dengan berlangganan Newsletter ini!